Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Online di Kelas V MIN 9 Banjar

Authors

  • Ahmad saufi Al Hadisi UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Azizatun Nafisah UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-01

Keywords:

Whatsapp, Online Learning, Madrasah Ibtidaiyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi aplikasi WatsApp dalam pembelajaran di kelas  V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Banjar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk memahami dan menjelaskan makna peristiwa interaksi perilaku manusia dalam situasi tertentu berdasarkan sudut pandang peneliti sendiri. Hasil temuan penelitian ini adalah proses pembelajaran  online menggunakan aplikasi WhatsApp tidak memerlukan adanya tatap muka secara langsung antara guru dan siswa, melainkan hanya melalui jaringan internet saja. Sehingga walaupun siswa berada di rumah, guru tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru dapat memanfaatkan pembelajaran dalam jaringan (online) agar pengajaran dan bimbingan kepada siswa dapat dilaksanakan.  Kelebihan penggunaan aplikasi ini adalah membantu dalam proses pembelajaran online. Hal ini karena aplikasi whatsApp memiliki banyak fitur yang membantu guru lebih kreatif dalam membangun semangat siswa untuk belajar lebih giat. Adapun kekurangan dalam pengunaan aplikasi ini adalah terabaikanya perilaku karakter siswa yang tidak bisa diawasi oleh guru secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, Bakhrul Khair. “Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag),” 2019.

Awaluddin, Asep. “PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19.” Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 37–51.

Basry, Asril, dan Essy Malays Sari. “Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).” IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika 2, no. 3 (2018): 53–60.

Daheri, Mirzon, Juliana Juliana, Deriwanto Deriwanto, dan Ahmad Dibul Amda. “Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 775–83.

Dewi, Rr Vemmi Kesuma, Denok Sunarsi, dan Irfan Rizka Akbar. “Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Ganesa Satria Depok.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6, no. 4 (2020): 1001–7.

Farida, Nugrahani. “Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa.” Solo: Cakra Books, 2014.

Gusty, Sri, Nurmiati Nurmiati, Muliana Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, Andriasan Sudarso, Natasya Virginia Leuwol, Apriza Apriza, dan Andi Arfan Sahabuddin. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Habsy, Bakhrudin All. “Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur.” Jurnal Konseling Andi Matappa 1, no. 2 (2017): 90–100.

Iskandar, Resa. “Penggunaan grup whatsapp sebagai media pembelajaran terhadap peserta didik dta at-tawakal kota bandung.” Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 2 (2020): 97–101.

Kattsoff, Thoby Araya, Mahendra Wijaya Kusuma, Baiq Vidia Haerunnisa, Fathul Hamdani, dan Ana Fauzia. “Konsep pengaturan pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) saat Covid-19 meningkat di Indonesia.” Indonesia Berdaya 3, no. 1 (2022): 83–92.

Komalasari, Rita. “Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19.” Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) 7, no. 1 (2020): 38–50.

Latip, Abdul. “Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.” EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 2 (2020): 108–16.

Lubis, Masruroh, dan Dairina Yusri. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19).” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 1–18.

Mona, Nailul. “Konsep isolasi dalam jaringan sosial untuk meminimalisasi efek contagious (kasus penyebaran virus corona di Indonesia).” Jurnal Sosial Humaniora Terapan 2, no. 2 (2020).

Nabilla, Reny. “Whatsapp grup sebagai media komunikasi kuliah online.” Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 2 (2020): 193–202.

Nasution, Nurseri Hasnah, dan Wijaya Wijaya. “Manajemen masjid pada masa pandemi covid 19.” Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah 3, no. 01 (2020): 84–104.

Nursofwa, Ray Faradillahisari, Moch Halim Sukur, dan Bayu Kurniadi Kurniadi. “Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan.” Inicio Legis 1, no. 1 (2020).

Parlindungan, Doby Putro, Galang Pakarti Mahardika, dan Dita Yulinar. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah,” Vol. 1, 2020.

Prajana, Andika. “Pemanfaatan aplikasi whatsapp dalam media pembelajaran di uin ar-raniry banda aceh.” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1, no. 2 (2017): 122–33.

Prajana, Andika, dan Yuni Astuti. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru SMK di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7, no. 1 (2020): 33–41.

Pujiasih, Erna. “Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 5, no. 1 (2020): 42–48.

Purba, Iman Pasu. “Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentangkekarantinaan Kesehatan Di Jawa Timur Menghadapi Pandemi Covid 19.” Jurnal Pahlawan 4, no. 1 (2021): 1–11.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, dan Din Azwar Uswatun. “Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar.” Jurnal basicedu 4, no. 4 (2020): 861–70.

Raco, Jozef. “Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya,” 2018.

Rusman, Belajar, dan Pembelajaran berbasis Komputer. “Mengembangkan Profesionalisme Abad 21.” Bandung: Alfabeta, 2013.

Siahaan, Matdio. “Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan.” Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan 20, no. 2 (2020).

Syauqi, Ahmad. “Jalan Panjang Covid19.” Jkubs 1, no. 1 (2020): 1–19.

Telaumbanua, Dalinama. “Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan Covid-19 di Indonesia.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 1 (2020): 59–70.

Timur, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa. “Whatsapp paling diminati untuk pembelajaran online.” Diakses melalui webiste https://lpmpjatim. kemdikbud. go. id/site/detailpost/whatsapp-paling-diminati-untuk-pembelajaran-online pada 10 (2020).

Wahidah, Idah, Raihan Athallah, Nur Fitria Salsabila Hartono, M Choerul Adlie Rafqie, dan Muhammad Andi Septiadi. “Pandemik COVID-19: Analisis perencanaan pemerintah dan masyarakat dalam berbagai upaya pencegahan.” Jurnal Manajemen Dan Organisasi 11, no. 3 (2020): 179–88.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28–38.

Downloads

Published

2022-05-15

How to Cite

saufi Al Hadisi, A. ., & Nafisah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Online di Kelas V MIN 9 Banjar. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-01

Issue

Section

Articles