Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di SMPN 2 Wedarijaksa

Authors

  • Suharsono Suharsono UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Agung Setiabudi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nuriyatul Fitriya IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-03

Keywords:

Peran Guru, Keaktifan Belajar Siswa, PAI, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 2 Wedarijaksa. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis data dilaksanakan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran daring di SMPN 2 Wedarijaksa adalah guru mempunyai tugas untuk menjadikan siswa sebagai manusia IMTAQ, berintelektual, dan memiliki moral yang baik. Maka dari itu, tugas dari guru PAI tidak hanya mengajarkan pengetahuan atau ilmu tetapi bagaimana menjadikan pengetahuan mereka dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. “Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Arminsa, M Lytto Syahrum, and Muhammad Munif. “Lokalitas Penafsiran Kiai Abul Fadhol Senori Dalam Kitab Tafsir,” n.d., 61–91.

Husailah, Nursya Fatkhuina, and H Purwanto. “Pengaruh Keaktifan Mengikuti Majelis Taklim Terhadap Pemahaman Agama Islam Jamaah Majelis Taklim Se-Kecamatan Ngrambe Selatan, Kabupaten Ngawi Tahun 2020.” IAIN SURAKARTA, 2020.

Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: TIM Kemenag, n.d.

Mahfud, Moh. “Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang.” STAIN Pekalongan, 2015.

Nurdyansyah, Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. “Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.” Nizamia Learning Center, 2016.

Prijanto, Jossapat Hendra, and Firelia de Kock. “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11, no. 3 (2021): 238–51.

Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, and Anwar Mujahidin. “Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1–228.

Suryadi, R A. Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish, 2018. https://books.google.co.id/books?id=OC5aDwAAQBAJ.

Tarmizi, Tarmizi, and Margono Mitrohardjono. “Implementasi Manajemen Mutu Di Pesantren Tahfizh Daarul Qurán.” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2020): 81–104.

Wahyuni, Fina Tri, Arnetta Thalia Arthamevia, and Galih Kurniawan. “Efektivitas Strategi REACT Berbasis Keislaman Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kecerdasan Spiritual.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 3, no. 2 (2020): 109–26.

Winarsieh, Indah, and Itsni Putri Rizqiyah. “Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Teacher Education 1, no. 4 (2020): 159–64.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Suharsono, S., Agung Setiabudi, & Nuriyatul Fitriya. (2022). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di SMPN 2 Wedarijaksa . HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-03

Issue

Section

Articles