Strategi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Yaumi Sleman Yogyakarta

Authors

  • M. Utsman Arif Fathah UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dewi Rokhmah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-07

Keywords:

Strategi, Tahfidz, Menghafal Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang strategi menghafal yang digunakan pondok Yaumi Sleman Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian tahapan pada analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan dilakukan pengambilan kesimpulan. Berikutnya keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi data. Dari penelitian ini dijelaskan bahwa ada tiga strategi initi yang digunakan Pondok Tahfidz Yaumi yaitu persiapan menghafal, proses menghafal, dan evaluasi menghafal Al-Qur’an. Persiapan menghafal meliputi penentuan target menghafal, tahsin Al-Qur’an, penggunaan mushaf standar, dan i’dadu at-tahfidz. Selanjutnya proses menghafal Al-Qur’an meliputi halaqah tahfidz, penggunaan metode menghafal Al-Qur’an, ‘iqab, program khusus dan pengembangan khusus. Kemudian evaluasi menghafal Al-Qur’an meliputi tasmi’ hafalan, ikhtibar dan evaluasi hafalan serta sanad hafalan Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Kementrian. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bogor: Syamil Al-Qur’an, 2007.

Ahsin, W. Al Hafidz. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Al-Kahil, Abdud Daim. Thariqah Ibda’iyyah Li Hifzh Al-Qur’an. Edited by Ummu Qadha Nahbah Al- Muqoffi. Surakarta: Pustaka Arafah, 2011.

Aliyah. “BUKTI KEBENARAN AL-QURAN.” Jurnal Ilmu Agama 16, no. 2 (2015): 1–19.

Anwar, Syaiful, Syamsuri Ali, Arfani Labib, and Yasinta Rahmawati. “Hafalan Al-Qur’an Dirumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu: Penerapan Metode Muri-Q.” Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai 01, no. 01 (2021): 8–14.

Az-Zawawi, Yahya Abdul Fattah. Revolusi Menghafal Al-Qur’an. Solo: Insan, 2009.

Hadi, H. Sofyan. “Model Manajemen Strategi Dakwah Di Era Kontemporer.” Al-Hikmah 17, no. 1 (2019): 83.

Huda, Nurul. “Manajemen Pengembangan Kurikulum.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2017): 52–75. doi:10.33650/al-tanzim.v1i2.113.

Kaltsum, Lilik Ummi, Mundzier Suparta, K Fuad Thohari, and Haeron Sirin. “MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR ’ AN DI INDONESIA, IRAN, TURKI, DAN ARAB SAUDI.” An-Nuha 8, no. 2 (2021): 348–73.

Lutfy, Ahmad. “Metode Tahfidz Al-Qur’an.” Holistik 14, no. 2 (2013): 163.

Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mubarokah, Syahratul. “Strategi Tahfidz Al-Qur’an Mu’allimin Dan Mu’allimat Nahdlatul Wathan.” Jurnal Penelitian Tarbawi 4, no. 1 (2019): 1–17.

Muwafiq, Ahmad, Elminatun, Alif Nurmansyitoh, Ahmad Widad, and Junaidi. “Konsep Sukses Dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Asr Ayat 1-3.” Al-Qorni : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 5, no. 1 (2020).

Prayudo, Ayndri Nico, Fathorrahman, and Tin Agustina Karnawati. “Analisis Pengaruh Masa Kerja, Upah Dan Usia Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Buruh Borongan Linting Rokok Di Skt Gebong, Pt. Djarum Kudus.” Jurnal Ekonomis Manajemen Dan Bisnis 1, no. 1 (2020): 1–10.

Ridlwan, Ali. “PENDEKATAN FENOMENOLOGI DALAM KAJIAN AGAMA.” Jurnal Dakwah & Komunikasi: KOMUNIKA 7, no. 2 (2013): 3.

Santoso, Eko Anang Hadi, Achmad Fatchan, and I Nyoman Ruja. “Makna Perilaku Motivasi Belajar Geografi Yang Rendah Dengan Pendekatan Fenomenologi.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2, no. 1 (2017): 85–96. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8445.

Saputra, Deden Mula, and Latipah. “KONSEP HISTORISITAS TEKS AL-QUR’AN Telaah Atas Pembacaan Kontemporer Muhammad Arkoun.” Jurnal Al-Dirayah 2, no. 1 (2019): 47–61.

Suharto, Tentiyo, Tuti Anggraini, Tinggi Agama, Islam Negeri, Mandailing Natal, Universitas Islam, and Negeri Sumatera. “The Concept Of The Qur ’ an As The Main Source In Islamic Law.” Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) 2, no. 2 (2022): 955–76.

Syadi, Sayid Muhtar bin Abu. Adab-Adab Halaqoh Al-Qur’an. Solo: PT Aqwam Media Profetika, 2016.

Tuslaela. “Kajian Penerapan E-Procurement Dengan Metode Kualitatif Deskriptif Komparatif Pada PT. Pembangunan Jaya Ancol TBK.” Jurnal PROSISKO 4, no. 2 (2017): 2.

Wardhani, Siti Pramitha Retno. Step By Step Sukses Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2018.

Wijaya, Aksin. Arah Baru Studi Ulum Al-Qur’an : Memburu Pesan Tuhan Di Balik Fenomena Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Yusanto, Yoki. “Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif.” , Journal of Scientific Communication 1, no. 1 (2019): 9.

Zain, Syaiful Bahri Djamarah Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

M. Utsman Arif Fathah, & Dewi Rokhmah. (2022). Strategi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Yaumi Sleman Yogyakarta. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 103–114. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-07

Issue

Section

Articles