Pemikiran Pragmatisme-Konstruktivisme John Dewey sebagai Metode Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyyah
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-04Keywords:
Pragmatisme, Konstruktivisme, John Dewey, Metode Pembelajaran, MTsAbstract
John Dewey termasuk ke dalam salah satu tokoh yang masyhur dalam ranah pendidikan dan juga filsafat. Dikarenakan pengalaman dalam hidupnya yang beragam, menjadikannya selalu berpikir kritis dalam tiap ranah pengetahuan. Hal tersebut memunculkan berbagai asumsi. Asumsi tersebut kemudian ia kembangkan menjadi sebuah teori dalam bidang pendidikan yang mengacu pada bidang filsafat. Asumsinya yang terkenal di bidang pendidikan adalah pragmatisme dan konstruktivisme. Tulisan ini mengkaji tentang kesesuaian antara pragmatisme dalam ranah pendidikan yang diasumsikan olehnya dengan Teori Konstruktivisme yang juga dipeloporinya bersama Piaget yang kemudian diimplementasikan menjadi metode pembelajaran dalam pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Tujuan dari eksistensi kajian tersebut adalah agar dapat mengetahui bagaimana kesesuaian antara pragmatisme pendidikan dan teori konstruktivisme dalam penerapannya sebagai metode pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah library research melalui beberapa riset dan tulisan yang berupa buku, skripsi, dan artikel dari jurnal. Hasil dari kajian ini membuktikan bahwa pragmatisme pendidikan dan teori konstruktivisme memiliki beberapa kesesuaian dan tepat digunakan sebagai metode pembelajaran di beberapa pelajaran yang didalamnya menggunakan praktik langsung.
Downloads
References
Adinda, AJ. “Epistemologi Pragmatisme.” Surabaya: Arete, 2018. http://journal.wima.ac.id/index.php/ARETE/article/view/1866.
Aisah, Siti. “Penerapan Active Learning Strategi Konstruktivisme Pada Pembelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Labuhanbatu.” Medan: Repository UINsu, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/7789/.
Alfian, and Oesman. Pancasila Sebagai Ideologi (Dalam Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara. Jakarta: BP7 Pusat, 1992.
AM, Fajar. Madrasah Dan Tantangan Modernitas. Yasmin dan Mizan, 1998.
Anggraini, Fina Surya, and Erfandi. “IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI ERA NEW NORMAL DAN PARADIGMA KONSTRUKTIVISME.” International Conference on Islamic and Social Education Interdisciplinary 1, no. 1 (2020).
Arif, Mahmud. Terjemahan Filsafat Pendidikan Karya George R. Knight. Yogyakarta: Gama Media, 2007.
Costa-Lopes, Viviane da, and Marcus Vinicius da Cunha. “John Dewey: The Search for a Rhetoric Pedagogy.” Educacao e Pesquisa 46 (2020). https://doi.org/10.1590/S1678-4634202046218071.
Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.
Eyghen, Hans Van. “What Cognitive Science of Religion Can Learn from John Dewey.” Contemporary Pragmatism, 2018. https://doi.org/10.1163/18758185-01503007.
Hamid, M. Abdul, Danial Hilmi, and M. Syaiful Mustofa. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Mahasiswa.” Arabi : Journal of Arabic Studies 4, no. 1 (2019): 100. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107.
Hasbullah. “Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian Filosofis).” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2020.
Hohr, Hansjörg. “The Concept of Experience by John Dewey Revisited: Conceiving, Feeling and ‘Enliving.’” Studies in Philosophy and Education 32, no. 1 (2013). https://doi.org/10.1007/s11217-012-9330-7.
Holt, Latasha. “John Dewey: A Look at His Contributions to Curriculum.” Academicus International Scientific Journal 21 (2020). https://doi.org/10.7336/academicus.2020.21.12.
Idi, Jalaludin. Filsafat Pendidikan (Antara Manusia, Filsafat, Dan Pendidikan). Jakarta: Gaya Pratama Media, 2002.
“IMPLIKASI PANDANGAN FILSAFAT PRAGMATISME RICHARD RORTY TENTANG EPISTEMOLOGI DALAM BIDANG PENDIDIKAN.” Cakrawala Pendidikan 2, no. 2 (2007). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8559.
Jamaluddin, Abu al Fadl. Lisanul Arab, Bagian XII. Beirut: Dar as Sadir, 1992.
“Lampiran KMA No. 165 Th. 2014,” n.d.
M. Thaib, Razali. “PRAGMATISME: KONSEP UTILITAS DALAM PENDIDIKAN.” aceh: Intelektualita, 2018. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/3945.
Maiaweng, Peniel C.D. “Kajian Analisis Terhadap Konsep Pemikiran John Dewey.” Jurnal Jaffray, 2009. https://doi.org/10.25278/jj71.v7i2.29.
Mardiana, Mardiana. “Penerapan Pembelajaran Ipa Berbasis Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Pada Siswa Madrasah Ibtidayah.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2018): 61–80. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.69.
Masgumelar, Ndaru Kukuh, and Pinton Setya Mustafa. “Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan.” GHAITSA: Islamic Education Journal 2, no. 1 (2021).
Meiyani, Neni. “Penerapan Aliran Filsafat Pragmatisme.” Jassi 12, no. 2 (2013).
Morrow, T. Desmond, and F. W. Garforth. “John Dewey: Selected Educational Writings.” British Journal of Educational Studies 15, no. 1 (1967). https://doi.org/10.2307/3119580.
Muhammad Hamdan. “Konstruktivisme Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 2019.
Nikolas Anamofa, Jusuf. “PRAGMATISME PENDIDIKAN: Belajar Dari John Dewey.” Masohi, 2018. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/7hs34.
Ningsih, Budi. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
NUR, SRI KHAERAWATI. “Pemanfaatan Big Data Pada Konsep Smart City : Kajian Pustaka.” Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 2020. https://doi.org/10.24252/instek.v5i1.12140.
Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela. “Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif.” E-Journal Universitas Negeri Medan, 2013. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067.
Payong, M R. “Jejak-Jejak Epistemologis Teori Belajar Dan Pembelajaran: Sebuah Sketsa Ringkas.” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2017. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/263.
“Penerapan Aliran Filsafat Pragmatisme Dalam Orientasi Dan Mobilitas Anak Tunanetra.” JASSI ANAKKU 12, no. 2 (2013).
“PENGEMBANGAN MODEL ‘LIS-5C’ PADA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN.” PENGEMBANGAN MODEL “LIS-5C” PADA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN 34, no. 1 (2015). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4145.
Priyanta, Yonathan Grasia Thelly, and Et.al. .., Guru Merdeka: Pusparagam Imaji Siswa Tentang Mengelola Kelas Di Era 4.0. Sukabumi: Jejak Publisher, 2021.
Qodariyah, Anin Lailatul, and Martin Rizaldi. “Analisis Pembelajaran Sejarah Pada Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual.” CHRONOLOGIA 2, no. 3 (2021). https://doi.org/10.22236/jhe.v2i3.6439.
Sa’adah, Fuan, and Dinda Dwi Azizah. “Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” An-Nuha, 2021. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i1.5.
Samawi, Ahmad. “Filsafat Pendidikan John Dewey Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Nasional.” Ilmu Pendidikan, 2001.
Sarah, Siti. “Pandangan Filsafat Pragmatis John Dewey Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Fisika.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 1, no. 1 (2018): 67–77. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/126.
Satria Winata, Rz. Ricky. “Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam,” n.d.
Satria Winata, Rz. Ricky, Arham Junaidi Frman, Tri Mulyanto, and Agung Ilham Prastowo. “PRAKTIK PEMBELAJARAN DI MADRASAH PERSPEKTIF PRAGMATISME (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN IBN KHALDUN DAN JHON DEWEY).” Yogyakarta: LIPI, 2020.
Shodiq, Ahmad. “Merdeka Belajar: Menurut Perspektif John Dewey.” Seuneuboklada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan 8, no. 2 (2021): 206–17. https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/4050/2822.
Sikandar, Aliya. “John Dewey and His Philosophy of Education.” Journal of Education and Educational Development 2, no. 2 (2016). https://doi.org/10.22555/joeed.v2i2.446.
Soemargono, Soejono. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1987.
Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Rineka Cipta, 2004.
Sugiyono. “Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.” Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 2018.
Sugrah, Nurfatimah Ugha. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains.” HUMANIKA 19, no. 2 (2020). https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.
Suparlan, Suparlan. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Islamika, 2019. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208.
Surahman, Yugga Tri, and Endang Fauziati. “Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2021).
Susilana, Rudi. “Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar.” Edutech 13, no. 2 (2014): 183. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3095.
Sutera dkk. “Analisis Sikap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Tema Sejarah Peradaban Indonesia Kelas v Di Sekolah Dasar Negeri 28 Dangin Puri.” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015, 2015.
T. Saiful Akbar. “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey.” Jurnal Ilmiah Didaktika 15, no. 2 (2015): 222–43.
Talebi, Kandan. “JOHN DEWEY - PHILOSOPHER AND EDUCATIONAL REFORMER.” European Journal of Education Studies 1, no. 1 (2016).
Untuk, Konstruktivisme, Meningkatkan Keaktifan, Dan Hasil, and Dwi Kusumoningsih. “Penerapan Contextual Teaching Learning Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar PKn Materi Budaya Demokrasi Kelas XI A2 SMA Negeri 14 Semarang Tahun.” Jurnal Ilmiah CIVIS VIII, no. 2 (2019). http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/4655.
Utami, I.G.A. Lokita Purnamika. “Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaran Bahasa Inggris.” Prasi, 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/download/10964/7022.
Visser, Max. “Pragmatism, Critical Theory and Business Ethics: Converging Lines.” Journal of Business Ethics 156, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1007/s10551-017-3564-9.
Waseso, Hendri Purbo. “Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme.” Ta’lim 1, no. 1 (2018).
———. “Kurikulum Dalam Perspektif Teori Pembelajaran.” Researchgate 1, no. 1 (2018).
Wasitohadi, Wasitohadi. “HAKEKAT PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF JOHN DEWEY Tinjauan Teoritis.” Satya Widya, 2014. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61.
Yuliani, Yuliani. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT (Analisis Komparatif Pemikiran Imam Az-Zarnuji Dan John Dewey).” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 14, no. 02 (2018). https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.897.
Zubaidillah, Muh. Haris. “TEORI-TEORI EKOLOGI, PSIKOLOGI, DAN SOSIOLOGI UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM.” ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.