Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 dan An-Nahl Ayat 97

Authors

  • Nur Khomisah Pohan Nur Khomisah UIN Sunan Kalijaga
  • Faiqotussana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Putri Nurinadia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-09

Keywords:

Tujuan Pendidikan Islam, Perspektif Al-Qur’an, al-Anbiya’ ayat 107, an-Nahl ayat 97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tujuan pendidikan Islam perspektif al-Qur’an dalam surah al-Anbiya’ ayat 107 dan surah an-Nahl ayat 97. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperolah dari Al-Quran dan tafsir sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur  yang  berkaitan  dengan  tujuan pendidikan islam,  dan  lain sebagainya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif Miles & Huberman. Hasil dari kajian ini mengungkapkan bahwa Betapa besarnya perhatian Islam terhadap pendidikan, pastinya agam Islam sendiri memiliki tujuan terhadap pendidikan Islam. Dalam kaidah ushuliyah juga dinyatakan bahwa al-umuru bi maqashidiha yaitu setiap tindakan dan aktifitas harus berorientasi pada tujuan/rencana yang telah ditetapkan. Dengan penelitian ini diharapkan mampu memahami bahwa tujuan pendidikan islam Dalam perspektif QS. Al-Anbiya’ ayat 107 pendidikan Islam diharapkan mampu membawa peserta didik untuk menjadi rahmat bagi semesta alam sebagaimana diteladankan oleh Rasulullah Saw. Dalam perspektif QS. An- Nahl ayat 97 diharapkan agar manusia senantiasa berbuat kebajikan, mengerjakan amal shaleh, dan melakukan perbuatan-perbuatan yang mengikuti petunjuk kitab Allah dan sunnah Nabi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Rahman. "Tujuan Pendidikan Nasional Perspektif Al-Qurâan." INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 16, no. 3 (2011): 369-378.

Al-Mahalli, Imam Jalaluddin, and Imam Jalaluddin As-Suyuti. Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Jilid 2. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.

Arifudin, Iis. “Paradigma Pendidikan Islam: Rahmatan Lil ’alamiin (Gagasan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam).” Forum Tarbiyah 9, no. 2 (2011): 141–52.

Departemen Agama. Al-Qur’an Dan Terjemahan Ed.by Zikrul Hakim. Jakarta, 2012.

Firdaus. “Kajian Semiotik Pada Ayat Wa Ma Arsalnaka Illa Rahmatan Lil’alamiin.” Al-Anbiya’ 20, no. 1 (2019): 7.

Hanafi. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Haryanti. Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Gunung Samudera, 2014.

Hardiyati, M., & Baroroh, U. (2019). Tujuan dan Materi Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran (Studi Tafsir Tarbawi Karya Ahmad Munir). Jurnal Penelitian, 13(1), 97-122.

Hidayat, Rahmad. Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (Mudan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.

Ibrahim, R. “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Addin 7, no. 1 (2013): 147.

Kamus Al-Ma’aniy Online, n.d.

Katsir, Ibn. Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i, 2004.

Zaim, Muhammad. “Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” Jurnal Muslim Heritage 4, no. 2 (2019): 259.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Mustofa, Ahmad. Tafsir Al-Maraghi Jilid 17. Semarang: Toha Putra, 1993.

Nur, Tajuddin. “Perbandingan Tujuan Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Barat.” Solusi 10, no. 20 (n.d.): 1.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Rizal, Soni Samsu. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Al-Quran Surah Al-Jumu’ah Ayat 2.” Jurnal Tarbiyah Al-Aulad 2, no. 1 (2017): 25.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2009.

Shihab, M.Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.

Syafe’i. “Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (n.d.): 157–61.

UII, Tim Tafsir. Al-Qur’an Dan Tafsirnya Jilid VI. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Wakaf, 1995.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2004.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Pohan Nur Khomisah, N. K., Faiqotussana, & Putri Nurinadia. (2022). Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 dan An-Nahl Ayat 97. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 129–139. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-09

Issue

Section

Articles