Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi

  • Heldanita Heldanita
Keywords: Perkembangan Kreativitas Anak, Eksplorasi

Abstract

Sejatinya setiap orang mempunyai kreativitas yang berbeda-beda, baik anak-anak maupun orang dewasa. Hampir semua pekerjaan menuntut kreativitas, terutama menjadi seorang guru, karena semakin kreatif seorang guru, maka semakin menyenangkan juga pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kreativitas melalui eksplorasi, terfokus pada kreativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan mengkaji beberapa literatur yang berkaitan dengan kreativitas dalam eksplorasi dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) LingkunganĀ  keluarga, orangtua, lingkungan dan guru menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan kreativitas anak, 2) perkembangan kreativitas anak juga dapat dikembangan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai tempat tinggal anak dan kegiatan-kegiatan yang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai medianya misalnya, belajar pada alam dan outbond learning, 3) perkembangan kreativitas anak sejatinya tumbuh sejak anak berada pada masa bayi, sehingga sedini mungkin anak perlu diberikan stimulus agar orangtua dapat memahami kecakapan, kecerdasan dan kebutuhan anak, agar anak dapat berkembang dengan baik, 4) perkembangan kreativitas anak berbeda-beda dari setiap tahap perkembangan anak dan juga berbeda-beda cara menstimulasinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, Maimunah. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Diva Press.
Kuriati, Euis dan Yeni Rachmawati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional RI.
Kuriati, Euis dan Yeni Rachmawati. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.
Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru Dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak berbakat. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Pamilu, Anik. 2007. Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak untuk Orangtua. Yogyakarta : Citra Media.
Shahib, Nurhalim. 2010. Pembinaan Kreativitas Anak Guna Membangun Kompetensi. Bandung : P.T. Alumni.
Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyudin. A to Z Anak Kreatif. Jakarta : Gema Insani. 2007.
Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Indeks.
Published
2019-04-01
Section
Articles