1006

Views

621

Downloads

Original article
Open Access

Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menggambar Bentuk-Bentuk Geometri Bagi AUD

Pages: 205-218
|
Published: Apr 2, 2019

Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain (KB) Muria Cabak Tlogowungu Pati dan peningkatkan kemampuan kognitif bagi anak usia dini di KB Muria Cabak Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek yang diteliti adalah siswa KB Muria Cabak yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan komparatif. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus, yaitu: siklus I dan siklus II, dengan masing-masing empat tahap setiap siklusnya, yaitu: menyusun rencana tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian bahwa (1)kemampuan kognitif bagi anak usia dini di KB Muria Cabak Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 sebelum dilaksanakan tindakan (pra siklus) masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari 17 siswa, baru 6 siswa atau 35,29% yang termasuk dalam prestasi baik (Berkembang Sangat Baik dan Berkembang Sesuai Harapan). (2)penggunaan kegiatan menggambar bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif bagi anak usia dini di KB Muria Cabak Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dari: (a) Peningkatan kemampuan kognitif anak yang termasuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu: pada pra siklus baru sebesar 35,29%, siklus I menjadi 70,59% dan siklus II menjadi 94,12%. (b) Peningkatan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yaitu: pra siklus sebesar 8,76 yang termasuk kategori Mulai Muncul (MM), siklus I meningkat menjadi 10,53 yang termasuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan siklus II rata-rata skornya meningkat lagi menjadi 12,35 dan termasuk kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Keywords:

Kemampuan kognitif Menggambar bentuk geometri

Downloads

Metrics

PDF views
621
Jul 2019Jan 2020Jul 2020Jan 2021Jul 2021Jan 2022Jul 2022Jan 2023Jul 2023Jan 2024Jul 2024Jan 2025Jul 2025Jan 202631
|

Article Details

How to Cite

Natacik, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menggambar Bentuk-Bentuk Geometri Bagi AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 205–218. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-06

References

Mulyasa E.. 2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman Muzdalifah M. . 2011. Psikologi Perkembangan. Kudus: Nora Media Enterprise.
Sumiyati. 2014. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Cakrawala Institute./
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
LN, Syamsu Yusuf. 2000. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sujiono Yuliani, dkk.. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.