Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak

  • Latifah Nurul Safitri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hafidh ‘Aziz UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Agama dan Moral, Metode Bercerita, Anak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak sebelum dilakukan metode bercerita.  (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode bercerita untuk mengembangkan aspek nilai agama dan moral. (3) Untuk mengetahui bagai mana perkembangan aspek nilai agama dan moral anak setelah dilakukan metode bercerita. Jenis Penelitian ini adalah (PTK) penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data obeservasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: (1) nilai agama dan moral pada anak kelompok B2 RA Riyadhus Shalihin Moyudan sebelum tindakan sebesar 12,50% anak yang memiliki perkembangan nilai agama dan moral kategori tinggi dalam perkembangannya. Dengan menggunakan metode bercerita maka perkembangannya sangat efektif  dan meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak. (3) setelah diterapkan menggunakan metode bercerita, terjadi peningkatan nilai agama dan moral anak, pada siklus I sebesar 45,83% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 66,67% (kategori tinggi dan sangat tinggi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M. A. A. (2013). Mendidik Dengan Cerita. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Aliawaras, A dkk. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta Barat: Graha Ilmu.
Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S, & Suhardjono, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asti Inawati (April 2017). “Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini” Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3 No.1 2017.
Bimo. (2013). Mahir Mendongeng: Membangun dan Mendidik Karakter Anak Melalui Cerita. Yogyakarta: Pro U Media.
Borba, M. ED.D. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT Gramedia pustaka Utama.
Ibda, F. (Februari 2012) “Pendidikan Moral Anak Melalui Bidang Study PPKn dan Pendidikan Agama ”. Jurnal. Vol. XII NO. 2, 338-347.
Ismail, F. (1997). Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Refleksi Historis. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
Mardapi, D. (2008). Tehnik Penyusunan Instrumen dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Muchson, A & Samsuri. (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Murdiono, M. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral untuk Anak Usia dini”. Jurnal.
Qowim, M. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Agama. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Sabiati, A.(Februari 2016 ) “Membangun Nilai Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama Moral di RA Masyitoh Pabelan Kabupaten Semarang” Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak Vol. 2 No.1.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Published
2019-04-05
Section
Articles