816

Views

1209

Downloads

Original article
Open Access

Peningkatan Motorik Halus Melalui Kreasi Pom-Pom di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Sitanang Kabupaten Agam

,
Pages: 1-12
|
Published: Jul 22, 2019

Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak-kanak Permata Bunda Sitanang Kabupaten Agam. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru, bertujuan untuk mencarikan solusi kesulitan belajar anak di dalam kelas. Penelitian yang dilakukan memakai teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan persentase. Penelitian ini pelaksanannya terdiri dari dua siklus, pada siklus pertama, pertemuan tiga perkembangan motorik halus anak yang diharapkan baru mencapai dua puluh delapan persen dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dilanjutkan dengan siklus kedua, pada pertemuan tiga terdapat peningkatan motorik halus anak berkembang sangat baik dengan hasil delapan puluh lima persen, sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal. Hasil akhir menunjukkan melalui kreasi pom-pom dapat meningkatan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Permata Bunda.

Keywords:

Kreasi Pom-pom Kemampuan motorik halus

Downloads

Metrics

PDF views
1,209
Jul 22 '19Jul 25 '19Jul 28 '19Jul 31 '19Aug 01 '19Aug 04 '19Aug 07 '19Aug 10 '19Aug 13 '19Aug 16 '19Aug 19 '194.0
| |

Article Details

How to Cite

Yanti Asmurita, & Rismareni Pransiska. (2019). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kreasi Pom-Pom di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Sitanang Kabupaten Agam . Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-01

References

Asmani, Ma’mur, Jamal. (2011). Tips Pintar Penelitian Tindakan Kelas. Jogyakarta: Lantera.

Aziz, Abdul, Amka. (2016). Meletakan Fondasi Usia Emas Anak Indonesia. Klaten: Cempaka Putih.

Iskandar, Beny & Hidayat, Rahmat. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lasepta, Esterina. (2017). Pembelajara Tematik Terpadu Anak Usia Dini. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.

Maidona, Siska. (2019) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Menjepit Pom-pom Berwarna di Play Group Citra Al Madina http://ejournal. aksararentakasir.com/index.php/jface.

Marliza. (2012) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis dengan Kuas Taman Kanak-kanak Pasaman Barat Artikel.UNP.

Muniningrum, Ratna wati & Budiman, Rudi. 2017. Konsep Dan Teknik Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurdiana, Jojoh & Sunarsih, Cicih. (2017). Kurikulum dan Program Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal.

Permendikbud 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal.

Sari, Erika & Kurnia, Novi. (2014). Kreasi Pom-pom Unik & Lucu. Yogyakarta: Diva Kids.

Suryana, Dadan. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yelida, Sri Rama. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Labunte di Taman Kanak-kanak Cahaya Bunda Lubuk Buaya Padang. Artikel: UNP.