1131

Views

1032

Downloads

Original article
Open Access

Efektivitas Permainan Pola Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Tabing Padang

Lisa Revi Narsih
,
Saridewi
Pages: 13-24
|
Published: Jul 22, 2019

Main Article Content

Abstract

Permainan pola suku kata adalah pembelajaran membaca awal yang diawali dengan menyajikan suku kata kemudian anak diminta mencari gambar sesuai dengan yang mereka inginkan dan dibelakang gambar sudah tercantum pola kata. Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Tabing Padang. Hal ini menunjukkan masih ada anak kesulitan dalam mengenal huruf, membedakan huruf, menghubungkan huruf menjadi kata dan bahkan masih ada anak yang belum bisa menyebutkan huruf dari tulisan namanya sendiri. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quashi eksperimen (eksperimen semu). Seluruh anak Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda merupakan populasi dalam penelitia yang dilkaukan yang berjumlah 42 orang. Kelas B1 sampel kontrol, dan B2 sebagai sampel eksperimen masing-masing berjumlah 12 orang. Purpposive sampling  merupkan teknik dari penelitian ini. adapun teknik pengumpulan dataa menggunakan tes perbuatan dan tes lisan. Alat pengumpulan data berupa lembaran pernyataan selanjutnya data diolah dengan uji perbuatan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 76,04 sedangkan kelas kontrol adalah 68,22. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan pola suku kata efektif terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda tahun ajaran 2018/2019.

Keywords:

Permainan pola suku kata Kemampuan membaca anak

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Lisa Revi Narsih, & Saridewi. (2019). Efektivitas Permainan Pola Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Tabing Padang. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 13–24. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-02

References

Amini. Meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif melalui permainan pola suku kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 5 edisi 1 Juni 2016. Hal. 673-683.

Anita, 2015. Perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Al-Syifa. Volume 06 Nomor 2 (Juli-Desember 2015). ISSN 2087-8621.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

________. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Delfi Eliza. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume XIII Nomor 2 November 2013. Hal. 93-106.

Lilis, Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nenny Mahyuddin, Yarmis Syukur, dan Abna Hidayati. Efektivitas Penggunaan Video Camera dalam Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini (usia 4-6 Tahun) di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 10 Nomor 1 April 2016. Hal. 45-60. https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakimahwati, Rivda Yetti, dan Syahrul Ismet. Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Uisa Dini di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan: Early Childhood. Volume 2 Nomor 2b November 2018. Hal. 1-11.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Erna Sundari. Pengaruh Metode Permainan Pola Suku Kata dan Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B6 TK Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan. Volume 1 Nomor 1 Agustus 2013.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Yulsofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press.