Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul

  • Gyasya Pitaloka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: learning difficulties, learning concentration, method of storytelling

Abstract

A learning disability can came upon a child. A learning disability can affect many aspects of life, one of them is in school. one of learning disability children is not concentrate while learning held. Every child has their own level of focus and concentration. The same thing happened to children in a group B3 at TK IT Salsabila Al-Muthi’in in less of concentration when the learning goes on. The purposes of this research are: (1) to find out  the extent to which unsolved of concentration of children learning, (2) figure out how to the application of a method of confided in increase the concetration of children learning, and (3) know how much an increase in the concentration learn the value of child after enactmen of a method of storytelling. The type of this research is Classroom Action Research conducted in 2 cycle holding the observation, interview and documentation. The research include: planning, fostering, observation and reflection. The result showed that: (1) before did the act of only 15,78% or three children at criteria developed as expected, (2) the act of fostering as many as two cycle and every cycle there are three meetings, (3) increase after the actions that can be seen in the first cycle is 47,38% develops in accordance the criteria developed as expected and for the second cycle that reveals 89,49% childrem divided into 57,91% reached criteria developed as expected and 31,58% reached criteria developing very well.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, Abdul. 2009. Mengatasi Sulit Konsentrasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kepelatihan, (Online) 5 (1): 55-70. http://journal.uny.ac.id/index.php/medikora/article/download/4691/4039 diakses pada 26 Januari 2019.

Aqib, Z, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Aryati, Setiyo Purwanto. 2010. Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, (Online), 12 (1). http://journals.ums.ac.id/indes.php/indigenous&veb diakses pada 26 Januari 2019

Asip Suryadi dan Ika Berdiati. 2018. Menggagas Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, Safrudin. 2017 Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Azminah, Suhartini Nurul. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A Di TK Siti Khodijah Pucuk Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, (Online) 5 (1). http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo&veb diakses pada 26 Januari 2019.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2003. Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handayani, Iys Nur. 2018. Metode Bercerita Dengan Media Boneka Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Proceedings of The 3rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, (Online), Vol. 3. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal diakses pada 6 Februari 2019.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development Sixth Edition, diterjemahkan oleh Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasi. Tidak ada tahun. Jakarta: Erlangga.

Maria Wihelmina R, Indri Astuti, Desni Yuniarni. Peningkatan Konsentrasi Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Online), 7 (2). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/303&veb diakses pada 6 Februari 2019.

Mulia R, Aprilia “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Siswa Kelas VIII B Melalui Pembelajaran Dengan Tutor Sebaya”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Musfiroh, Tadzkiroatun. 2008. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiga Wacana.

___________________. 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini Panduan bagi Guru Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permata, Ratih Widyastuti. 2014. Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Siswa TK Kelompok B. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, (Online), 1 (1). http://e-journal.unair.ac.id diakses pada 26 Januari 2019.

Prawira, Purwa Atmaja. 2013. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

S. Nasution. 2006. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

S. Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental: Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta: ANDI.

Siti Aisah dan Heri Hidayat. 2015. Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD. Bandung: Artino Raya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunawan. 2009. Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang: UNNES.

Wood, Derel, dkk. 2011. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Published
2019-12-31
Section
Articles