PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019

Authors

  • Mujaddidul Amri State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maryono Maryono State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2021.71-04

Abstract

Persepsi individu dan pengetahuan produk suatu lembaga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena persepsi tentang lembaga adalah hasil dari individu memahami lembaga berdasarkan pengartian masing-masing. Pengetahuan produk merupakan hasil individu mendapatkan informasi mengenai produk yang ditawarkan lembaga. Produk dibutuhkan oleh individu karena diharapkan membantu memenuhi kebutuhan. Individu pada umumnya memilih menggunakan suatu produk berdasarkan preferensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk sebagai variabel independen terhadap preferensi anggota memilih pembiayaan murabahah sebagai variabel dependen di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Data yang diperoleh berasal dari 89 kuesioner yang disebar kepada anggota aktif BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) dengan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi R Square pada tabel Adjusted R Square menunjukkan angka 0,839. Hal ini berarti bahwa variabel dependen (preferensi anggota memilih pembiayaan murabahah) dipengaruhi oleh variabel independen (persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk) sebesar 83.9% dan 16,1% (100%-83,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan angka signifikansi 0,000 artinya variable dependen (preferensi anggota memilih pembiayaan murabahah) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen (persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk). Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel persepsi tentang BMT dan pengetahuan produk, keduanya menunjukkan hasil yang positif dan signifikan yang berarti berpengaruh signifikan terhadap preferensi anggota memilih pembiayaan murabahah.

Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Preferensi, Murabahah, BMT BIF.
Abstract viewed: 414 times | PDF downloaded = 569 times

References

Ajija, Shochrul Rohmatul, Ahmad Hudaifah, Wasiaturrahma, Lusi Sulistyaningsih, Khaulah Qurata A’yun, Happy Karunia Mukti, et al., Koperasi BMT Teori, Aplikasi dan Inovasi, Karanganyar: Inti Media Komunika, 2018.

Akhtar, Naeem, Muhammad Toqeer, Muhammad Zeeshan Pervez, Farooq Aslam, Hafiz Muhammad, dan Azeem Akhtar, “Factors Influencing the Perception of Customers in Islamic Banking: A Case Study in Pakistan R M B R,” International Review of Management and Business Research, 5.3, 2016.

Astuti, Tri Dian, “Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Penggunaan E-Money dalam Perspektif Ekonomi Islam” (UIN Raden Intan, 2018. <http://repository.radenintan.ac.id/4917/>

Baba, Ricardo, dan Ricky Lang, “Perceptions of non-Muslims towards Islamic banking,” Banker’s Journal Malaysia, 10.138, 2012. <https://www.aicb.org.my/documents/bankers-journal-malaysia/BJM-138-2012.pdf#page=14>

Dinas Koperasi dan UKM DIY, “Koperasi dan UKM,” Bappeda Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, 2020. <http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/107-ukm>

Fitri, Nur, “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Minat Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Mandiri”, UIN Syarif Hidayatullah, 2018. <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52720>

Ghazali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Hamdi, Syauqi, “Analisis Minat dan Persepsi Masyarakat terhadap Preferensi Produk Tabungan Mudharabah”, UIN Syarif Hidayatullah, 2019. <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46116>

Khursheed, Ambreen, Maham Fatima, dan Faisa Mustafa, “Customers’ Perceptions toward Islamic Banking in the Gulf Region,” Turkish Journal of Islamic Economics, 8.1, 2021. <https://doi.org/10.26414/a105>

Koran SINDO, “Pangsa Pasar Keuangan Syariah RI Kalah Jauh Dibandingkan Malaysia,” OkeFinance, 2016. <https://economy.okezone.com/read/2016/05/18/320/1391507/pangsa-pasar-keuangan-syariah-ri-kalah-jauh-dibandingkan-malaysia>

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, ed. oleh Damos Sihombing, Jakarta: Erlangga, 2001.

Manuarang, Romario Nimrod, dan Kholid Mukhammad Mawardi, “Pengaruh Product Knowledge Terhadap Purchase Intention (Survei pada Pengunjung Toko Buku UB Press, Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 55.3, 2018. <http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2299>

Nasution, M Yasir, Saparuddin Siregar, dan Bambang Sugiharto, “Analysis of Products , Services , Devotion on Satisfaction , Awareness and the Effect of Loyalty and Interests Using Sharia Banks in North Sumatera,” 20.8, 2018. <https://doi.org/10.9790/487X-2008041627>

Rahmawaty, Anita, “Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syari’Ah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di Bni Syari’Ah Semarang,” Addin, 8.1, 2014.

Rivai, Veithzal, Basri Modding, Andra Permata Veithzal, dan Tatik Mariyanti, Financial Institution Management (Manajemen Kelembagaan Keuangan) Disajikan Secara Lengkap dari Teori Hingga Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Rizaqi, Faiq, “Pengaruh Pengetahuan Produk, Promosi, Lokasi, Religiusitas, dan Pendapatan terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah”, UIN Sunan Kalijaga, 2017. <https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27609/>

Rizky, Awalil, BMT Fakta dan Prospek Baitul Maal wat Tamwil, Yogyakarta: UCY Press, 2007.

Rukajat, Ajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Supranto, Rifqi, dan Zaky Wahyuddin Azizi, Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Ponorogo: Myria Publisher, 2020.

Umar, Husein, Metode Riset Bisnis Panduan Mahasiswa untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi, Jakarta: Gramedia, 2003.

Yasmin, Tiara, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Pengetahuan Produk dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan IB Hasanah Card”, UIN Syarif Hidayatullah, 2018. <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53198>

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Amri, M., & Maryono, M. (2021). PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PREFERENSI ANGGOTA MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 7(1), 83–108. https://doi.org/10.14421/jmd.2021.71-04

Issue

Section

Articles