KOMODIFIKASI PRODUK KEAGAMAAN: STUDI DI KOMUNITAS TERAS DAKWAH

Authors

  • Eko Saputra Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Irham Universitas Abdurrab
  • Firmanda Taufiq Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jmd.2021.71-07

Abstract

Fenomena dakwah dalam wacana keagamaan di Indonesia menjadi topik pembicaraan yang menarik. Pasalnya, gerakan dakwah yang dilakukan juga memiliki aktivitas bisnis di dalamnya. Hal ini diwakili oleh gerakan dakwah yang dilakukan Teras Dakwah. Mereka adalah komunitas muda Muslim yang terdiri dari berbagai aliran keagamaan, seperti NU, Muhammadiyah, Salafi, HTI, dan Tarbiyah. Strategi gerakan dakwah dilakukan dengan memasarkan berbagai produk komersial dan dibarengi dengan kegiatan dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dan melakukan wawancara untuk menambah data dan referensi dalam penyempurnaan penelitian. Peneliti menemukan bahwa memang etika kapitalisme Islam direduksi menjadi penyebaran global kapitalisme dan logika neoliberal pasar bebas. Jika ditelaah secara mendalam, komoditas religi Teras Dakwah tidak hanya digunakan sebagai bentuk ketakwaan (pitization), tetapi juga sebagai bentuk ikatan komunitas (community), gaya hidup (lifestyle), ekspresi diri (self-expression), identitas (identitas), hobi dan minat. kesenangan (kesenangan).

Kata kunci: Komodifikasi, Produk, Dakwah.

Abstract viewed: 633 times | PDF downloaded = 626 times KOMODIFIKASI PRODUK KEAGAMAAN: STUDI KASUS KOMUNITAS TERAS DAKWAH downloaded = 0 times

References

Beta, Annisa R., “Hiabers: How Young Urban Muslim Woman Redefine Themselves in Indonesia, 282-283.

Casanova, Jose, Public Religious in the Modern World, Chichago, Universitas of Chocago Press, 1994, 5.

“Commodification of Religion and the 'Religification' of Commodities: Youth Culture and Religious Identity.” In Religious Commodifications in Asia. Routledge, 2007.

Connolly, Peter, and Imam Khoiri. Aneka pendekatan studi agama. Yogyakarta: LKiS, 2002.

Einstein, Mara, Beta, Annisa R. “Hijabers: How Young Urban Muslim Women Redefine Themselves in Indonesia.” International Communication Gazette 76, no. 4–5 (June 1, 2014): 377–89. https://doi.org/10.1177/1748048514524103.

Fealy, Greg. “Consuming Islam: Commodified Religion and Aspirational Pietism in Contemporary Indonesia.” Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia. ISEAS–Yusof Ishak Institute, August 2008.

Hasan, Noorhaidi and Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Press. Literatur keislaman generasi milenial: transmisi, apropirasi, dan kontestasi, 2018.

Roof, Wade Clark. Spiritual Marketplace: Baby Boomers and the Remaking of American Religion. Princeton University Press, 1999.

Routledge & CRC Press. “Brands of Faith: Marketing Religion in a Commercial Age.” Accessed September 6, 2021. https://www.routledge.com/Brands-of-Faith-Marketing-Religion-in-a-Commercial-Age/Einstein/p/book/9780415409773.

Rudnyckyj, Daromir. “Market Islam in Indonesia.” The Journal of the Royal Anthropological Institute 15 (2009): S183–201.

Triantoro, Dony Arung, Eko Saputra, and Tri Wahyuni. “Mengelola Hibriditas Anak Muda Islam: Studi pada Lembaga Teras Dakwah di Yogyakarta.” Jurnal MD 5, No. 2 (December 1, 2019): 113–39.

Turner, Bryan S. Religion and Modern Society: Citizenship, Secularisation and the State. Cambridge: Cambridge University Press, 2011.

Usunier, Jean-Claude, and Jörg Stolz, eds. Religions as Brands: New Perspectives on the Marketization of Religion and Spirituality. London: Routledge, 2016. https://doi.org/10.4324/9781315605081.

DAFTAR WEBSITE

Sinopsis Film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea, dalam https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jilbab_Traveler:_Love_Sparks_in_Korea, diakses 15 Januari 2020.

Berita Film Haji backpacker, dalam https://m.liputan6.com/tag/haji-backpacker, diakses 15 Januari 2020.

Downloads

Published

2021-08-29

How to Cite

Saputra, E., Irham, M., & Taufiq, F. (2021). KOMODIFIKASI PRODUK KEAGAMAAN: STUDI DI KOMUNITAS TERAS DAKWAH. JURNAL MANAJEMEN DAKWAH, 7(1), 167–195. https://doi.org/10.14421/jmd.2021.71-07

Issue

Section

Articles