Literasi Digital: Fondasi Dasar Dakwah Dalam Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.14421/jd.23.1.22.4Keywords:
Dakwah, Literasi Digital, Media SosialAbstract
Literasi digital merupakan salah satu kecakapan penting yang harus dikuasi di era digital, agar seseorang dapat terhindar dari dampak negatif media sosial. Tak terkecuali bagi seorang da’i maupun mad’u ketika menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah. Maka dari itu, ditulisnya kajian ini adalah untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai literasi digital sebagai fondasi dasar dakwah dalam media sosial. Penelitian ini disusun menggunakan metode kepustakaan melalui pendektan kualitatif dengan sifat deskriptif analitik. Data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari modul, buku, web, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui model interaktif miles dan hubermen, yang prosesnya meliputi tahap reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan pentingnya penguasaan literasi digital bagi seorang da’i ketika menggunakan media sosial sebagai media dakwah, dan mad’u ketika menjadikan media sosial sebagai sarana mempelajari ilmu agama atau menerima pesan dakwah.

References
Adikara, Gilang Jiwana, Novi Kurnia, Lisa Adhrianti, Sri Astuty, Xenia Angelica Wijayanto, Fransiska Desiana Setyaningsih, dan Santi Indra Astuti. Modul Aman Bermedia Digital. Jakarta: Direktorat Jendral Aplikasi Informatika, 2021.
Agustinova. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Calpulis, 2015.
Aminudin. “Konsep Dasar Dakwah.” Al-Munzir 9, no. 1 (2016): 36–44. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir/article/view/775.
Astuti, Santi Indra, E. Nugrahaeni Praningrum, Lintang Ratri Rahmiaji, Lestari Nurhajati, Leviane J.H. Lotulung, dan Novi Kurnia. Modul Budaya Bermedia Digital. Jakarta: Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2021.
Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana, 2017.
Hasyim, Yusuf. Akidah Akhlak MTs Kelas VIII. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2020.
Islamy, Athoillah, dan Mastori. “Menggagas Etika Dakwah di Ruang Media Sosial.” KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication & Broadcasting 1, no. 1 (2021): 10. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/KPI/article/view/1810.
Kemp, Simon. “Digital 2022: Indonesia.” Diakses 4 Juli 2022. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.
Khakim, Lutfil, Vudu Abdul Rahman, Nining, Kusni, Sys W, dan Qiny Shonia Az Zahra. Dakwah Literasi Digital Pengaruh Baik Generasi Milenial dalam Bermedia Sosial. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
Kusumastuti, Frida, Santi Indra Astuti, Yanti Dwi Astuti, Mario Antonius Birowo, Lisa Esti Puji Hartanti, Ni Made Ras Amanda, dan Novi Kurnia. Modul Etis Bermedia Digital. Jakarta: Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2021.
Mabrur, dan Angga Marzuki. “Literasi Digital: Sumber Paham Keagamaan pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an di PTIQ Jakarta.” Jurnal Penamas 33, no. 1 (2020): 79. https://doi.org/10.31330/penamas.v33i1.381.
Meiningsih, Siti. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintahan. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik, Kementrian Komunikasi dan Informatika, 2018.
Monggilo, Zainuddin Muda Z., Novi Kurnia, Yudha Wirawanda, Yolanda Presiana Desi, Ade Irma Sukmawati, Indah Wenerda, dan Santi Indra Astuti. Modul Cakap Bermedia Digital. Jakarta: Direktorat Jendral Aplikasi Informatika, 2021.
Mulyati, Ani. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI, 2014.
Musthofa, Musthofa. “Prinsip Dakwah via Media Sosial.” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 16, no. 1 (2016): 51. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1175.
Nasionalita, Kharisma, dan Catur Nugroho. “Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung.” Jurnal Ilmu Komunikasi 18, no. 1 (2020): 39–40. https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3075.
Penulis, Tim. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Pirol, Abdul. Komunikasi dan Dakwah Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Sumadi, Eko. “Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi” 4, no. 1 (2016): 177–78. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2912/2083.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mohamad Faisal Subakti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).