Polemik Penayangan Film Joker dalam Perspektif Kompas.com
DOI:
https://doi.org/10.14421/jd.JD202197Keywords:
Polemic, Film, FramingAbstract
Film Joker mengangkat kehidupan tokoh penjahat paling terkenal di dunia. Film ini sudah banyak menimbulkan banyak kontroversi bahkan sebelum pemutaran perdananya karena diklaim mempromosikan kekerasan. Kompas.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia yang ikut memberitakan mengenai kontroversi atau polemik penayang film Joker ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi pemberitaan yang dilakukan Kompas.com dalam membingkai polemik penayangan film joker periode 29 Agustus sampai 08 Oktober 2019.
Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dikarenakan peneliti ingin menganalisa fenomena media dalam mengkonstruksikan suatu kasus atau realita yang menjadi berita. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis teks media dengan metode analisis framing menggunakan pendekatan model framing Robert N. Entman
Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam define problem, ada tiga berita mengenai polemik penayangan film Joker yang dipublikasikan oleh Kompas.com periode 29 Agustus – 08 Oktober 2019. Ketiga berita tersebut mengandung unsur polemik atau pro dan kontra terhadap penayangan film Joker. Pada diagnose causes; banyak orang yang menganggap bahwa tayangan Film Joker. Joker menginspirasi orang dalam melakukan kekerasan. Pada make moral judgment, Kompas.com dalam pemberitaannya berusaha menyampaikan bahwa film Joker ini layak tayang, namun yang perlu digaris bawahi adalah film ini tidak untuk semua kalangan, melainkan hanya untuk dewasa. Pada treatment recommendation, Kompas.com berusaha menyampaikan bahwa film Joker tidak sepenuhnya mempromosikan tentang kekerasan atau memprovokasi seseorang untuk melakukan kejahatan. Film ini juga berusaha menyampaikan pesan bahwa setiap orang bisa saja menjadi jahat atau melakukan tindak kejahatan jika dirinya mengalami tekanan.
References
Alex sobur. Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Alex Sobur. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia Bandung, 2009.
Asep Syamsul M. Romli. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media. Online. Bandung. Nuansa Cendikia, 2012.
Biagi, Shirley. Media/Impact Pengantar Media Massa: Media/Impact An. Introduction to Mass Media. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.
Denis McQuail. Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga, 1987.
Echols, John M. dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia: An English. – Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia, 2005.
Effendy, Onong Uchjana. Dimensi Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni, 1986.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Eriyanto. Analisis Framing, Konstruksi, Ideologi, dan Politik. Yogyakarta: LKis, 2002.
Eriyanto. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu. Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2011.
Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Alumni, 1986.
Lincoln, Yvonna S & Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. California: Sage. Mantja, W, 2008.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT. Remaja Rosdakarya Bandung, 2006.
Nurudin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Patton. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1980.
Schultz, Duane, P. dan Sydney Ellen Schultz. Theories of Personality Eight Edition. United States of America: Wadsworth, a division of Thomson Learning, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Vivian John. Teori Komunikasi edisi ke delapan, Jakarta: Prenanda Media Grup, 2008.
Winarni. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Malang: Universitas, 2003.
http://e-journal.uajy.ac.id/821/3/2TA11217.pdf. Diakses pada 30-10-2019
http://rifqifakhri.blogspot.co.id/2013/05/jenis-jenis-media-online.html. Diakses pada 30-10-2019
https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20191003134017-220-436384/netizen-ikut-stres-saat-nonton-film-joker Diakses pada 31-10-2019
inside.kompas.com, Diakses pada 23 November 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).