Pengaruh Video Edukasi Bisindo terhadap Tingkat Pengetahuan Dismenorea pada Remaja Putri Tuli

Main Article Content

Ashari Lala Putri
Dwi Yati

Abstract

Dysmenorrhea is one of the disorders experienced by women during menstruation, including young deaf women. Dysmenorrhea needs to be treated in order to minimize the symptoms from worsening. Unfortunately, deaf people generally experience difficulties in receiving and understanding the information conveyed orally, so it is necessary to provide information about dysmenorrhea using the proper media. This research was conducted to determine the effect of BISINDO’s educational video media on the level of knowledge of dysmenorrhea in young deaf women. The research was conducted using a quantitative approach with a one-group pretest–posttest design involving 30 young deaf women that experienced menstruation as a sample selected by a total sampling technique. Data were collected by questionnaire and then analyzed using the Wilcoxon test. This study indicates that BISINDO educational video has an effect on the level of knowledge of dysmenorrhea in young deaf women, proven by the p-value of the Wilcoxon test results was 0.004.


Dismenorea merupakan salah satu gangguan yang di alami oleh perempuan ketika menstruasi, tak terkecuali remaja putri Tuli. Penanganan dismenorea perlu dilakukan agar gejalanya tidak semakin parah. Sayangnya, orang Tuli secara umum mengalami hambatan dalam penerimaan dan memahami informasi yang disampaikan secara lisan, sehingga pemberian informasi mengenai dismenorea perlu dilakukan menggunakan media yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media video edukasi BISINDO terhadap tingkat pengetahuan dismenorea pada remaja putri Tuli. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan one group pretest – posttest yang melibatkan 30 remaja putri Tuli dan sudah menstruasi sebagai sampel yang dipilih dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Nilai p value dari hasil uji Wilcoxon sebesar 0,004, menunjukkan ada pengaruh penggunaan video edukasi BISINDO terhadap tingkat pengetahuan dismenorea pada remaja putri Tulibencana COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract Viewed = 689 times
PDF downloaded = 580 times


Article Details

How to Cite
Lala Putri, A., & Yati, D. (2023). Pengaruh Video Edukasi Bisindo terhadap Tingkat Pengetahuan Dismenorea pada Remaja Putri Tuli. INKLUSI, 9(2), 197–212. https://doi.org/10.14421/ijds.090204
Section
Articles

References

Ashar, D., Ashila, B. I., Pramesa, G. N., Saadah, N., & Ayatullah, R. K. (2019). Panduan Penanganan Perkara penyandang Disabilitas Berhadapan dengan Hukum. MaPPI FHUI. http://mappifhui.org/wp-content/uploads/2019/10/1.-BUKU-DISABILITAS.pdf

Bappeda DIY. (2020). Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Sarana Kesejahteraan Sosial [Pemerintah]. Aplikasi Dataku Daerah Istimewa Yogyakarta. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/cetak/105-penyandang-masalah-kesejahteraan-sosial-dan-sarana-kesejahteraan-sosial

Chen, C. X., Draucker, C. B., & Carpenter, J. S. (2018). What Women Say about Their Dysmenorrhea: A Qualitative Thematic Analysis. BMC Women’s Health, 18(1), 47. https://doi.org/10.1186/s12905-018-0538-8

Conover, W. J. (1999). Practical Nonparametric Statistics (3rd edition). Wiley.

Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordiana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.31980/tp.v3i2.416

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017, Art. 0. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849

Haerani, Dillah, U., Bohari, N. H., Nur, N. A., A, A. M. R., & Kamaruddin, M. (2020). Deskripsi Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dismenore di Kelurahan Benjala Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), Art. 2. https://doi.org/10.31970/ma.v2i2.56

Hanum, N. L., Huda, A., & Kurniawan, A. (2018). Development of Instructional Video Media in Increasing Sex Education Knowledge for Students with Hearing Impairment. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.17977/um029v5i12018p62-66

Herawati, R. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kejadian Nyeri Haid (Dismenorea) pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Pengairan. Jurnal Martenity and Neonatal, 5(1), Art. 1.

Huda, N. (2019). Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Rungu. Jurnal Sisfokom, 8(1), 1–6.

Infodatin. (2019). Pusat Data dan Informasi—Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [Pemerintah]. Pusat Data dan Teknologi Informasi: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/20031000004/infodatin-disabilitas-rungu.html

Kalista. (2016). Ubungan Tingkat Pengetahuan tentang Dismenore dengan Perilaku Penanganan Dismenore pada Remaja Putri SMP Negeri 14 Pontianak [Skripsi, Universitas Tanjungpura Pontianak]. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/viewFile/18831/15840

Listyarini, A. D., & Hindriyastuti, S. (2017). Penyuluhan dengan Media Audio Visual Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Sehat Anak Usia Sekolah. 5, 112–117.

Martina, N., & Indarsita, D. (2019). Hubungan Pengetahuan Dismenore dengan Penanganan Dismenore pada Siswi di SMA Negeri 15 Medan [Skripsi]. Poltekkes Kemenkes Medan.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (Jakarta). Rineka Cipta. //opac.poltekkestasikmalaya.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D3190

Prabandari, A. W. (2018). Pengaruh Pemberian Penyuluhan dengan Media Video dan Booklet terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMK 2 Muhammadiyah Bantul [Skripsi, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta]. http://poltekkesjogja.ac.id

Pramardika, D. D. (2018). Analisis Penanganan Dismenore pada Remaja Putri Tuna Grahita di Kota Samarinda Tahun 2018. Mahakam Midwifery Journal, 3(2), 241–254. http://dx.doi.org/10.35963/midwifery.v3i2.105

Pratiwi, N. A., Fatmawati, A., & Gartika, N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Penanganan Dysmenorerhea pada Remaja di SMPN 1 Baleendah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 17(1), 48–55. https://doi.org/10.26753/jikk.v17i1.472

Purba, E. P. N., Rompas, S., & Karundeng, M. (2014). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penanganan Dismenore Di SMA Negeri 7 Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 109923.

Rachmi, S. F., Rahman, L. O. A., Anggreyani, N., & Ningsih, R. S. C. (2020). Evaluasi Implementasi Terapeutik Sebagai Teknologi Edukasi untuk Penyandang Disabilitas: Tuna Rungu. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(1), Art. 1. https://doi.org/10.52657/jik.v9i1.1014

Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. QUALITY, 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Rahmawati, T. N. (2022). Pengaruh Pemberian Penyuluhan Kesehatan dengan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Remaja Putri tentang Dismenorea di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar [Skripsi]. Unoversitas Kusuma Husada Surakarta.

Rahmi, A. T., Susanti, S., & Agustin, H. (2021). Pencarian Informasi Melalui Televisi dan Film oleh Tunarungu di Sumedang. ProTVF, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i1.30283

Rohmah, L., Susanti, Y., & Haryanti, D. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Penyakit Demam Berdarah Dengue. Coping: Community of Publishing in Nursing, 7(1), Art. 1.

Sadiman, S. (2017). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dismenorhea. Jurnal Kesehatan, 8(1), Art. 1. https://doi.org/10.26630/jk.v8i1.392

Saribanon, N., Thahir, M., Salamah, U., Prabowo, H., Parouq, F., & Huda, M. (2016). Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam. Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional.

Shaleh, A. Q. (2017). Buah Hati: Antara Perhiasan dan Ujian Keimanan. Diandra Kreatif.

Sidik, T. A. (2015). Hubungan Media Informasi dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Santri di Pondok Pesantren Darut Taqwa Bulusan Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 3(3), 18643.

Sitorus, B., & Bertua, A. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Persepsi Siswi SMA Negeri 1 Kisaran Terhadap Penggunaan Analgesik Sebagai Penanganan Dismenore [Thesis, Universitas Sumatera Utara]. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/10956

Sukarni, I. K., & Wahyu, P. (2013). Buku Ajar Keperawatan Maternitas (2013) (Yogyakarta). Nuha Medika. //opac.poltekkestasikmalaya.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D645

Thaha, R. Y., Riswan, & Yani, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMPN 1 Buntao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 3(2), 52–71.

Wahyudin, Y. M. (2020). Kekuasaan dalam Relasi Bahasa: Refleksi Pengalaman Penutur Bahasa Isyarat di Yogyakarta. INKLUSI Journal of Disability Studies, 7(1), Art. 1. https://doi.org/10.14421/ijds.070103

Wahyuni, D., & Rahmadewi. (2011). Policy Brief: Kajian Profil Penduduk Remaja (10-24 thn): Ada apa dengan Remaja? (Penelitian Seri I No.6; Policy Brief). Puslitbit BKKBN. https://www.academia.edu/21875578/Policy_Brief_Policy_Brief_KAJIAN_PROFIL_PENDUDUK_REMAJA_10_24_THN_Ada_apa_dengan_Remaja

Wibawa, M., & Suci, A. W. (2021). Perancangan Buku “Komunikasi dalam Isyarat” sebagai Media Pengenalan Huruf Hijaiyah untuk Anak Tunarungu Berbas