Komunikasi Artifaktual sebagai Media Dakwah
Studi Club Motor Bikers Subuhan Lampung Melawan Stigma Negatif Geng Motor
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.v7i02.3173Keywords:
Artifactual Communication, Da'wah Media, Motor ClubAbstract
Lampung province is notorious for the rampant criminality of begal and the anarchy of a number of motorcycle gangs that disturb the community. The emergence of motorcycle clubs is a frightening specter for the people of Lampung. The Bikers Subuhan Lampung Motorcycle Club is present to erase this bad stigma. Its movement in da'wah activities is interesting to study. The purpose of this article is to analyze the role of artifactual communication as a means of dakwah for the Subuhan Lampung Bikers Motorcycle Club. This research uses a qualitative approach, collecting data through interview techniques, observation, and documentation. Then the data that has been collected is analyzed using the principles of qualitative data analysis (Miles and Huberman). Artifactual communication as a medium of da'wah for Subuhan Lampung Bikers Motor Club becomes its own medium for inviting audiences to join and carry out their da'wah activities.
[Provinsi lampung terkenal dengan maraknya kejahatan kriminal begal dan anarkisnya sejumlah anggota club motor yang membuat masyarakat terganggu. Munculnya club motor menjadi momok menakutkan bagi masyarakat lampung. Club Motor Bikers Subuhan Lampung hadir untuk menghapus stigma buruk tersebut. Pergerakannya pada aktivitas dakwah menarik untuk diteliti. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis peran komunikasi artifaktual sebagai media dakwah Club Motor Bikers Subuhan Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan prinsip analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Komunikasi artifaktual sebagai media dakwah Club Motor Bikers Subuhan Lampung menjadi media tersendiri dalam mengajak khalayak untuk bergabung dan melakukan aktivitas dakwah mereka.]
Downloads
References
Amin, M. S. (2021). Strategi Dakwah Kyai dalam Membentengi Warga Nahdliyin dari Aliran Islam Radikal di Lingkungan Gumuk Bago Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Fakultas Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Barnard, M. (2011). Fashion sebagai komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Desideria, M. (2018). Strategi Adaptasi Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus Tenaga Kerja Indonesia Di Taiwan). Universitas Multimedia Nusantara.
Dillistone, F. W. (2002). Daya kekuatan simbol: The power of symbols. Yogyakarta: Kanisius.
Fauziah, R. (2019). Efektivitas dakwah pada komunitas: Studi kasus pada komunitas anak motor biker Subuhan Banten. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
FERONIKA, C. P. (2022). Strategi Komunikasi Dakwah Da’i dalam Membina Akhlak Komunitas Bikers Subuhan Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ibrahim, I. S., & Akhmad, B. A. (2014). Komunikasi dan komodifikasi: Mengkaji media dan budaya dalam dinamika globalisasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Irawan, C. O. (2021). ”Kostum Defile Saudi Arabia pada Jember Fashion Carnaval (JFC) 2018 Sebagai Media Komunikasi”. Skripsi Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Istiyanto, S. B. (2010). Pentingnya komunikasi artifaktual dalam keberhasilan modifikasi komunikasi antarmanusia. Acta DiurnA, 6(2), 12–22.
Kefgen, M., & Touchie-Specht, P. (1976). Individuality in clothing selection and personal appearance: A guide for the consumer. (No Title).
Majidah, I. Q. (2022). Fashion Style Ustadzah Sebagai Komunikasi Nonverbal Di Pondok Pesantren Al-Iman Putri. IAIN Ponorogo.
Mujaahidah, D. U., & Hadziq, A. (n.d.). Bikers Subuhan Karanganyar: Dakwah Komunitas dalam Kegiatan Keagamaan.
Nordholt, H. S. (1997). The state on the skin: clothes, shoes, and neatness in (colonial) Indonesia. Asian Studies Review, 21(1), 19–39.
Purnamasari, M., & Thoriq, A. M. (2021). Peran Media dalam Pengembangan Dakwah Islam. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 87–99.
Sihabudin, H. A. (2022). Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif Multidimensi. Bumi Aksara.
Tommy Saputra. (2023). Anggota Polda Lampung Diserang Geng Motor Bersenjata Tajam. Detiksumbagsel. https://www.detik.com/sumbagsel/hukum-dan-kriminal/d-6787465/anggota-polda-lampung-diserang-geng-motor-bersenjata-tajam
Tyas, H. S. R. N. (2021). Strategi guru PAI dalam menumbuhkan kesadaran siswi berbusana muslimah di Sekolah Menengah Kejuruan Kosgoro Nganjuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Utari, R. I. (2016). Pakaian Sebagai Komunikasi Artifaktual. Prosiding Hubungan Masyarakat, 443–448.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Ibnu Naufal Maskuri M. Ibnu Naufal Maskuri, Fitri Yanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.