Strategi Organisasi Mahasiswa Islam dalam Membangun Budaya Muslim yang Cinta Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.14421/panangkaran.v8i2.3886Keywords:
Culture, Organization, Qur’anAbstract
The increase in interest in reading the Qur'an is one of the signs that a person's love for the Qur'an has also increased. The culture of loving the Qur'an as an effort to strengthen Muslim identity must certainly be done by muslims themselves. One way to create this culture can be by involving organizations. This study examines strategies, supporting factors and inhibiting factors in building a Muslim culture that loves the Qur'an with a case study at the Jam'iyatul Qurra Wal Huffadz Student Activity Unit, Salatiga State Islamic University. The research approach used is a descriptive qualitative method. Data analysis: Data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawn. Data was obtained from the results of observations, questionnaires, interviews and documentation. The results show that in determining the strategy, there are four factors that are considered, namely observation of the surrounding environment, analyzing the chances of achieving a program, estimating possible threats and alternative solutions. Then there are seven rules that are the main focus in developing a strategy, namely the interpretation of the future, the existence of a plan, focusing on competitive advantages, top-down application, the existence of external orientation, flexibility, and centering on long-term results. Then, there are four supporting factors to build the culture, namely interest factors, motivational factors, habituation and repetition factors, and environmental factors. Furthermore, there are three inhibiting factors in building this culture, namely lazy attitudes and feelings, an attitude of responsibility that is not paid attention to, and the nature of angel srawung.
[Peningkatan minat baca Al-Qur'an menjadi salah satu tanda kecintaaan seseorang terhadap Al-Qur'an juga meningkat. Budaya mencintai Al-Qur'an sebagai upaya memperkuat identitas muslim ini tentu harus dilakukan oleh muslim itu sendiri. Salah satu cara untuk menciptakan budaya tersebut bisa dengan melibatkan organisasi. Pada penelitian ini mengkaji tentang strategi, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membangun budaya muslim yang cinta Al-Qur'an dengan studi kasus di Unit Kegiatan Mahasiswa Jam'iyatul Qurra Wal Huffadz Universitas Islam Negeri Salatiga. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Analisis datanya: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa organisasi ini dalam menentukan strategi ada empat faktor yang diperhatikan yaitu pengamatan lingkungan sekitar, menganalisis peluang ketercapaian suatu program, memperkirakan ancaman yang mungkin terjadi, dan solusi alternatifnya. Kemudian ada tujuh aturan yang menjadi fokus utama dalam menyusun strategi yaitu adanya interpretasi masa depan, adanya rencana, berfokus pada keunggulan kompetitif, pengaplikasian dari atas ke bawah, adanya orientasi eksternal, fleksibilitas, dan berpusat pada hasil jangka panjang. Lalu, ada empat faktor pendukung untuk membangun budaya tersebut yaitu faktor minat, faktor motivasi, faktor pembiasaan dan pengulangan, serta faktor lingkungan. Selanjutnya ada tiga faktor penghambat dalam membangun budaya tersebut yaitu sikap dan rasa malas, sikap tanggung jawab yang kurang diperhatikan, serta sifat angel srawung.]
Downloads
References
Ahmad Marzuki. (2023). Pengaruh Budaya Madrasah Terhadap Karakter Disiplin dan Pembiasaan Literasi Al-Quran di MA Muhammadiyah Tengnga Lembang. in Doctoral Dissertation, Universitas Islam Ahmad Dahlan.
Akhmad. (4 Februari 2024). Wawancara Tim Peneliti.
Azwani, N. A. (2023). Pengertian Dan Penerapan Sistem Informasi, Organisasi Dan Strategi.
Fajmela, V., & Afandi, Y. (2024). Strategi Komunikasi Antara Pengasuh Dengan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Dirumah Tahfidz Mardhatillah Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 5(1), 113-124.
Gusmita, G. (2022). Strategi Guru Mengaji dalam Upayapenanaman Cintaal-Qur’an Sejak Dini Di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Ahmad Dahlan).
Hartono. T. (2019). Unit Kegiatan Mahasiswa Dan Perannya Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa (Studi Kasus Di Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra’ Wa Al-Huffazh Al-Furqan Institut Agama Islam Negeri Salatiga). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam.
Hutabarat, Z. S., et al. (2023). Manajemen Strategi. Penerbit: CV Eureka Media Aksara.
Herlis Safitri. (2023). Strategi Pemasaran Petani Kopra dalam Meningkatkan Pendapatan Prepektif Ekonomi Islam (Studi: Desa Tahibua, Kecamatan Tiwu Kabupaten Kolaka Utara). in Doctoral Dissertation, IAIN Kendari.
Ibnu & Yuti. (4 Februari 2024). Wawancara Tim Peneliti.
Ikhsan, Muhammad. (2023). Strategi dakwah Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Khithabah Santri: Studi deskriptif tentang kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra Bekasi. In Sarjana thesis. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Ismatullah, N. H. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Siswa. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(01), 59-73.
Kementerian Agama RI. (2023, Oktober 12). Survei Kemenag Indeks Literasi Al-Qur’an Kateogori Tinggi. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W
Marzuki, Ahmad. (2023). Pengaruh Budaya Madrasah Terhadap Karakter Disiplin dan Pembiasaan Literasi Al-Quran di MA Muhammadiyah Tengnga Lembang. in Doctoral Dissertation. Universitas Islam Ahmad Dahlan.
Muhammad Ikhsan. (2023). Strategi dakwah Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Khithabah Santri: Studi deskriptif tentang kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra Bekasi. In Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nelisma, Y., & Irman, I. (2022). Proses Konseling Terhadap Nilai Nilai Moral Dalam Persfektif Al-Qur’an. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 227-233.
Nuryansyah. (14 Februari 2024). Wawancara Tim Peneliti.
Rochanah, R. (2019). Meningkatkan Kecintaan Anak Pada Al Qur’an Melalui “Kebun Qur’an”(Studi Kasus di Pondok Pesantren Enterpreneur Al Mawaddah Kudus). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 337-348.
Safitri, Herlis. (2023). Strategi Pemasaran Petani Kopra dalam Meningkatkan Pendapatan Prepektif Ekonomi Islam (Studi: Desa Tahibua, Kecamatan Tiwu Kabupaten Kolaka Utara). in Doctoral Dissertation. IAIN Kendari.
Shirli. (4 Februari 2024). Wawancara Tim Peneliti.
Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran Orangtua Sebagai Pendidik Dan Pembentuk Karakter Spiritualitas Remaja. Jurnal Shanan, 3(2), 95-114.
Sumantri, R. A. (2019). Tipologi Gerakan Mahasiswa Melalui Organisasi Mahasiswa Islam Di Purwokerto. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(2), 241- 259.
Suprianto, B., & Mulyapradana, A. (2023). Strategi Penguatan Karakter Mahasiswa Melalui Matakuliah Komunikasi dan Advokasi Kebijakan. Mimbar Administrasi, 20(1), 235-240.
Tri Hartono. (2019). Unit Kegiatan Mahasiswa Dan Perannya Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa (Studi Kasus Di Unit Kegiatan Mahasiswa Jam’iyyah Al-Qurra’ Wa Al-Huffazh Al-Furqan Institut Agama Islam Negeri Salatiga). POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 5.
Ummul Hidayatullah Syarifuddin, Munir, H. H. (2021). Implementasi Literasi Al-Qur’an Dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik pada SMA/SMK Di Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Tarbawi, 6(1), 36–37.
Yuna. (4 Februari 2024). Wawancara Tim Peneliti.
Zuhri Saputra Hutabarat et al. (2023). Manajemen Strategi. Penerbit: CV.Eureka Media Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raudhatul Jannah, Aisyatul Latifah, Alya Rosadiana, Juliana Setefani Usaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
JURNAL PANANGKARAN disebarluaskan dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerrivatives 4.0 International License.