Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Saif Uddin(1), Sunarsih Sunarsih(2)
(1) UIN Sunan Kalijaga,
(2) UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh service atau pelayanan dan juga kinerja dari sebuah lembaga. Ketika pelayanan dan kinerja sebuah lembaga tidak atau kurang baik maka kepuasaan pelanggan menunjukkan angka yang rendah.  Berdasarkan penelitian penulis tentangpengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, tingkat Kepentingan (Importance) > Tingkat Kinerja (Performance) atau dapat dikatakan bahwa Expected Service > Perceive Service. Dengan demikian, berarti mahasiswa belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Faktor-faktor yang belum memberikan kepuasan kepada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  meliputi semua faktor, dengan urutan sebagai berikut relability, diikuti dimensi assurance, tangiles, responsiveness  dan terakhir emphaty (2,88). Faktor-faktor lainnya yang dianggap tidak penting tapi sudah dilaksanakan dengan baik oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah: Faktor interior kantor dan ruang kelas UIN yang menarik, Faktor tampilan kantor dan fasilitas fisik UIN yang  menarik, Faktor jam operasi UIN yang sangat jelas, Faktor lokasi UIN yang seharusnya mudah dijangkau, Faktor nama fakultas/jurusan di UIN seharusnya mudah dikenali, Faktor ketersediaan data alumni dan tempat bekerjanya,  Faktor tarif layanan yang rendah, Faktor penampilan karyawan (staff) UIN yang Islami, Faktor penapilan/pembawaan para pimpinan UIN yang Islami, Faktor penampilan/ pembawaan para dosen UIN yang Islami.

Full text article

Generated from XML file

References

Caruana, A. (2002). Service Loyalty The Effects of Service

Quality and The Mediating Role of Customer Satisfaction.

European Journal of Marketing, 36.

Dharmmestha, Basu Swastha, 1992, Riset tentang Minat dan

Perilaku Konsumen: Sebuah Catatan dan Tantangan bagi

Peneliti yang Mengacu pada “Theory of Reasoned Action”,

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Volume VII, No. 1,

39-53.

Engel, J.F., Roger D. Blackwell. dan Paul W. Miniard (1995),

Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Budijanto, Edisi Keenam,

Jakarta: Binarupa Aksara.

Halim, Abdul (2003). ”Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat

Inap Kelas Utama dan Kelas 1 pada Rumah Sakit Umum

Daerah DR. H. Abdoel Moeloek Propinsi Lampung”. Jurnal

Ekonomi, Vol. 1, No. 2 (Mei), 175-189. Kotler, Philip (1994). Manajemen pemasaran: Analisis,

Perencanan, Implementasi dan Kontrol. Edisi 9. Jakarta:

Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (11th ed.)

(Benyamin Molan, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks.

Kristianto, Paulus Lilik, 2003, “Analisis Sikap dan Minat

Masyarakat Membeli Produk Kerajinan Orang-orang Cacat

Fisik di DIY: Model bentler dan Speckart-1979”, Jurnal

Ekonomi dan Bisnis: Dian Ekonomi, September, Volume

IX, No. 2, 149-168.

Lupiyoadi, R & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran

Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mardalis, Ahmad, Meraih Loyalitas Pelanggan , BENEFIT, Vol.

9, No. 2, Desember 2005, p.114

Muhammad (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam:

Pendekatan Kuantitatif. Edisi 1. Yogyakarta: UPFE-UMY.

Mustafa, Zainal (1992). Pengantar Ststistik Deskriptif. Edisi 2.

Yogyakarta: Badan Penerbit FE UII Press.

Nasution, S. (2004). Metode Riset Penelitian Ilmiah. Cetakan

Ketujuh. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Parasuraman, A., Zeitmahl, Valerie A., dan Berry, Leonard L.

(1985). ”A Conceptual Model of Service Quality and its

Implications for Future Research”. Journal of Marketing,

Vol. 49 (Fall): 41-50.

Purnama, Nursya’bani (2006). Manajemen Kualitas: Perspektif

Global. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia FE

UII.

Rangkuti, Freddy (2002). Measuring Costomer Satisfaction:

Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan

Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: Penerbit

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Singgih (2000). SPSS: Mengolah Data Statistik Secara

Profesional. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit Elex Media

Computindo. Santoso, Singgih (2001). Buku Latihan SPSS: Statistik

Parametrik. Cetakan Kedua. Jakarta: Penerbit Elex Media

Computindo.

Sunardi (2003). “Analisis Faktor yang Dipertimbangkan

Nasabah dalam Mempersepsikan Kualitas Layanan Bank di

Malang”. Jurnal Ekonomi Bisnis; Dian Ekonomi, Vol. IX,

No. 1 (Maret), 69-80.

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan:

Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan Kedua. Jakarta:

Penerbit Rineka Cipta.

Tahir, Izah Mohd dan Ismail, Wan Zulquarnain (2005). Service

Quality in the Financial Services Industry in Malaysia: The

Case of Islamic Banks and Insurance. International Review

of Business Research Papers, Vol 2, No. 2 (November), 10-

21.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia (2000). TQM: Total

Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Wilkie, Williem L, (1994), Consumer Behavior, 3

rd ed. John

Wiley & Sons, Inc.p. 541

Yamit, Zulian (2001). “Manajemen Kualitas: Produk dan Jasa”.

Yogyakarta: Penerbit Ekonisia.

Zeithaml, V.A., Berry, L.L., & Parasuraman, A. (1996). The

Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of

Marketing, 60.

Authors

Saif Uddin
saifuddin@uin-suka.ac.id (Primary Contact)
Sunarsih Sunarsih
Uddin, S., & Sunarsih, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(2). https://doi.org/10.14421/azzarqa.v8i2.1325

Article Details

How to Cite

Uddin, S., & Sunarsih, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(2). https://doi.org/10.14421/azzarqa.v8i2.1325