Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD

Authors

  • Veni Veronica Siregar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lesta Septia Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-04

Keywords:

Integrasi Nilai-Nilai, Pendidikan Agama, Kurikulum 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui agar penulis dapat mengetahui dengan pasti, fenomena dan fakta apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Dalam hal ini, penulis terjun di SD 17 Kepahiang, dengan subjek dan objek penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut dengan penelitian lapangan karena menurut, penelitian lapangan berarti penulis terjun langsung kelapangan dan terlibat langsung dengan masyarakat setempat. Adapun hasil yang penulis temukan adalah integrasi kurikulum pendidikan  agama karena dalam kurikulum pendidikan juga memiliki nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kurikulum 2013 di mana dalam pembelajaran agama terdapat pembelajaran yang mengajarkan siswa memiliki karakter yang baik seperti tolong menolong antar individu maupun kelompok, menghormati orang tua dengan berturur kata yang baik, memiliki rasa amanah ketika diberikan kepercayaan, misalnya pada saat siswa diperintahkan untuk menjaga buku pembelajaran dengan baik yang diberikan oleh pihak sekolah, mampu membiasakan siswa melaksanakan kewajiban beribadah dengan baik. hal ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama pada kurikulum 2013 dapat diterapkan bagi peserta didik dalam kehidupannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad D. Pengembangan Kurikulum. Ban: Pustaka Setia; 2010.

Sulfemi W. Manajemen Kurikulum di Sekolah. 2019.

Julaeha S. Problemmatika Kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal

Penelitian Pendidikan Islam. 2019;7(2):157–82.

Syafe’i I. Tujuam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah. J Pendidik Islam. 2015;6(2):151

Fitri AZ. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. 2013.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka CIpta; 2009.

Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2007.

Rohmad Mulyana,Mengatikulasikan Pendidikan Nilai, (Yogjakarta:Alfabeta,2004)Hal,

Ali m dan Luluk Y.R, Pradigma Pendidikan..., hal.267;

Abdurrahman al Nahawi, Prinsip-prinsip dan metode pendidikan islam, (terj.) Herry noer

ali, judul asliUshulul Tarbiyah silamiyah wa asalibuha, (Damsik:Darul Fikr, 1995),

hal 273.

Nasional D. Kurikulum 2013. Direktorat Jendral Manajemen Pendidkan Dasar dan

Menengah Pembinaan TK SD. 2013.

Marzuki B. Filsafat Kurikulum dalam Pendidikan Islam. HUBAFA J Stusia Islam.

;5(1):23–36.

Hidayati A. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. 2014.

Annisyifa H. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. J Pendidik

UNIGA. 2017;8(1).

Departemen AR. al-Qur’an dan Terjemahannya: Juz 1-30. Jakarta: PT. CV Penerbit

JART; 2005.

Idris M. Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Pendidikan Islam,

dalam Miqot:Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. J Ilmu-Ilmu Kesehat. 2014;38.

Hadi Y. Ayat -Ayat Akhlak Dalam Al-Quran MembangunKeadabanMenuju Kemuliaan

Peradaban, Tadzhib Akhlak _PAI_FAI_UIA Jakarta.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Veni Veronica Siregar, & Lesta Septia Sari. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-04

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)