Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-04Keywords:
Integrasi Nilai-Nilai, Pendidikan Agama, Kurikulum 2013Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui agar penulis dapat mengetahui dengan pasti, fenomena dan fakta apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Dalam hal ini, penulis terjun di SD 17 Kepahiang, dengan subjek dan objek penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut dengan penelitian lapangan karena menurut, penelitian lapangan berarti penulis terjun langsung kelapangan dan terlibat langsung dengan masyarakat setempat. Adapun hasil yang penulis temukan adalah integrasi kurikulum pendidikan agama karena dalam kurikulum pendidikan juga memiliki nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kurikulum 2013 di mana dalam pembelajaran agama terdapat pembelajaran yang mengajarkan siswa memiliki karakter yang baik seperti tolong menolong antar individu maupun kelompok, menghormati orang tua dengan berturur kata yang baik, memiliki rasa amanah ketika diberikan kepercayaan, misalnya pada saat siswa diperintahkan untuk menjaga buku pembelajaran dengan baik yang diberikan oleh pihak sekolah, mampu membiasakan siswa melaksanakan kewajiban beribadah dengan baik. hal ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama pada kurikulum 2013 dapat diterapkan bagi peserta didik dalam kehidupannya.
Downloads
References
Ahmad D. Pengembangan Kurikulum. Ban: Pustaka Setia; 2010.
Sulfemi W. Manajemen Kurikulum di Sekolah. 2019.
Julaeha S. Problemmatika Kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal
Penelitian Pendidikan Islam. 2019;7(2):157–82.
Syafe’i I. Tujuam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah. J Pendidik Islam. 2015;6(2):151
Fitri AZ. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. 2013.
Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka CIpta; 2009.
Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2007.
Rohmad Mulyana,Mengatikulasikan Pendidikan Nilai, (Yogjakarta:Alfabeta,2004)Hal,
Ali m dan Luluk Y.R, Pradigma Pendidikan..., hal.267;
Abdurrahman al Nahawi, Prinsip-prinsip dan metode pendidikan islam, (terj.) Herry noer
ali, judul asliUshulul Tarbiyah silamiyah wa asalibuha, (Damsik:Darul Fikr, 1995),
hal 273.
Nasional D. Kurikulum 2013. Direktorat Jendral Manajemen Pendidkan Dasar dan
Menengah Pembinaan TK SD. 2013.
Marzuki B. Filsafat Kurikulum dalam Pendidikan Islam. HUBAFA J Stusia Islam.
;5(1):23–36.
Hidayati A. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. 2014.
Annisyifa H. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. J Pendidik
UNIGA. 2017;8(1).
Departemen AR. al-Qur’an dan Terjemahannya: Juz 1-30. Jakarta: PT. CV Penerbit
JART; 2005.
Idris M. Konsep Pendidikan Humanis dalam Pengembangan Pendidikan Islam,
dalam Miqot:Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. J Ilmu-Ilmu Kesehat. 2014;38.
Hadi Y. Ayat -Ayat Akhlak Dalam Al-Quran MembangunKeadabanMenuju Kemuliaan
Peradaban, Tadzhib Akhlak _PAI_FAI_UIA Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.