Reading Habit Sebagai Solusi Krisis Sastra Anak
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-05Keywords:
sastra anak, membaca, Reading HabitAbstract
Sastra mempengaruhi pola pikir, tingkat kritis, kemampuan menganalisa serta kepribadian anak. krisis sastra terjadi karena kurangnya minat baca, pembiasaan sedari dini yang tidak diterapkan serta lingkungan yang tidak mendukung. Anak yang sering membaca tentu memiliki kosakata sastra bahkan tingkat kemampuan menganalisa dan kemampuan mengarang yang baik., sehingga antara membaca dan sastra anak memiliki keterkaitan atau saling berhubungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana kebiasaan membaca dapat mengatasi krisis sastra pada anak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif noneksperimental dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data berupa angket dan observasi. dengan sampel 20 siswa kelas IV SD Kecamatan Muntilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca (reading habit) dapat menjadi solusi untuk krisis sastra anak. Oleh sebab itu, penanaman pentingnya kebiasaan membaca harus terus dilaksanakan sedini mungkin agar mampu membina karakter anak bangsa Indonesia di masa yang akan datang.
Downloads
References
Adawiah, Siti Robiah, Leni Liani Pertiwi, Sary Sukawati, and Dida Firmansyah. “Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Onomatope Di MA Tanjungjaya.” Parole 1, no. 6 (2018): 897–904.
Anisah, Nisfi, and Aninditya Sri Nugraheni. “Kelas V Min Wonosari Gunungkidul Yogyakarta” 8 (2016).
Dewi, Tiara Kusnia, and Rina Yuliana. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9, no. 1 (2018). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804.
Djafar, Chece. “Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan” 3 (2020): 1–7.
Doyin, Mukh. Pengembangan Materi Ajar Puisi Di Sd. Lingua. Vol. 10, n.d.
Hafi, Isnaini Yulianita, and Jurnal Sastra. “Isnaini Yulianita Hafi” 1, no. 1 (2020).
Hardianto, Deni. “Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Uny.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 7, no. 1 (2011): 108–21.
Harini, Ika Nur. “Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah Bantul Kota.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 1 (2018): 29–46. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.128.
Hasanah, Dian Uswatun, Ferdian Achsani, and Iqbal Syahrul Akbar Al Aziz. “Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 5, no. 1 (2019): 13. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.13-26.
Hidayat, Gian Tresna, and Dian Indihadi. “PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Teknik Akrostik Dalam Penulisan Puisi ( Studi Deskriptif Terhadap Karya Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungpereng )” 5, no. 2 (2018): 103–9.
Kurniati, Erisa. “Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 17, no. 3 (2017): 47–56. https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V17I3.401.
Kusumawati, Tri Indah. “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 6, no. 2 (2016).
Mansyur, Umar. “Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca.” Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, no. December (2019): 203–2017.
Musthafa, Bachrudin. Studi Sastra. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, 2008. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9534.
Pontoh, Widya P. “Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press.” Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa I, no. I (2013): 1–11.
Rahmayantis, Marista Dwi. “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Indah Puisi Untuk Siswa SMP Kelas VII.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2, no. 1 (2016): 47–56.
Rozak, Abdul, Dede Endang Mascita, and Astuti Astuti. “Kajian Puisi Anak Dan Bahan Ajar Tematik Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.” Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5, no. 1 (2018): 1. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.992.
Salamah, Evi Rizqi. “Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2017): 43. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616.
Suharmono, Kasiyun. “JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya.” Jurnal Pena Indonesia 1, no. 1 (2015): 79–95.
Suharsimi, Arikunto. “Books @ Books.Google.Co.Id.” Hukum Perumahan, 2017.
Susilo dan Ramdiati. “Media Publikasi Pada Bidang Pendidikan Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 5, no. 1 (2019): 1–7.
Suwondo, Tirto. Studi Sastra, 2011.
Tantri, Ade Asih Susiari, and I Putu Mas Dewantara. “Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca.” Journal of Education Research and Evaluation 1, no. 4 (2017): 204–9.
Taubah, Asuhan Daarut, Ria Karina, Natalis Christian, Iskandar Itan, Erika Chen, Jacky Lim, and Kian Ricardoegan. “Meningkatkan Minat Baca Di Kalangan Anak-Anak Panti” 2 (2020): 98–105.
Tuti Kusniarti. “Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan Strategi Menulis Termbimbing (SMT) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Bersastra.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya (e-Journal) 1, no. 1 (2015): 108–16.
Wicaksono, Helmi, Roekhan, and Muakibatul Hasanah. “Pengembangan Media Permainan Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas X.” Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2018): 223–28.
Y., Sri Wahyuni, & Harun, Moh. “Analisis Struktur Fisik Dan Struktur Batin Puisi Anak Dalam Majalah Potert Anak Cerdas.” Master Bahasa 6(2), no. 3 (2018): 115–25.
Zurna, Hazrivo Putra, Fatmariza Fatmariza, and Isnarmi Isnarmi. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Komunikasi Verbal Di Sekolah Dasar.” Journal of Civic Education 1, no. 2 (2018): 189–96. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.182.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.