Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan di Era Modern

Authors

  • Wibowo UIN Sunan Kalijaga
  • Risa Udayani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-07

Keywords:

Ibnu Sina, Pemikiran, Pendidikan, Era Modern

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui latar biografi, kehidupan, serta pemikiran Ibnu Sina mengenai pendidikan, kemudian untuk menemukan relevansi pemikiran pendidikan Ibnu Sina dengan pendidikan Islam di era modern ini. Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode kepustakaan (library research). Peneliti menghimpun sumber data melalui literatur-literatur teks, baik buku, jurnal, maupun artikel-artikel yang berhubungan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian menunjukan Ibnu Sina Sebagai seorang filosof, ahli kedokteran dan juga pendidikan, Ibnu Sina memiliki gagasan dan pemikiran terkait tentang mendidik anak, yang diantaranya menjelaskan kepada kita bahwa ia sangat memperhatikan pendidikan akhlak anak. pemikiran Ibnu Sina mengenai pendidikan secara terstruktur dari tujuan, kurikulum, metode pembelajaran dan guru atau pendidik ialah faktor dari pada unsur-usur determinan dalam pendidikan. Oleh karena itu, pemikiran Ibnu Sina dapat dijadikan acuan penting dalam memajukan dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwizar. “Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina.” An-Nida: Jurnal Pemikiran Islam 40, no. 1 (2015): 191–201.

Ansari, Ansari, and Ahmad Qomarudin. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.” Islamika 3, no. 2 (2021): 134–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i2.1222.

Arsyad, Junaidi. “Mendidik Anak Dalam Perspektif Ibnu Sina: Gagasan Dan Pemikirannya.” Jurnal Raudhah 7, no. 2 (2019): 133–50. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.510.

Azyumardi Azra. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III, Hal. 41-42. Jakarta, 2012.

Darwis, Maidar. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 2 (2013): 240–58. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.476.

Implementasinya, D A N, and D I Era. “Kariman , Volume 03 , No . 01 , Tahun 2015 | 49 Mukhlis” 03, no. 20 (n.d.): 49–64.

Nur, Abdullah. “Ibnu Sina: Pemikiran Fisafatnya Tentang Al-Fayd, Al-Nafs, Al-Nubuwwah, Dan Al-Wujûd.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 6, no. 1 (2009): 105. https://doi.org/10.24239/jsi.v6i1.123.105-116.

Nur Zaini. “Kurikulum Pendidikan Menurut Ibnu Sina Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan.” Jurnal Cendekia 11, no. 2 (2019): 111–24. https://doi.org/10.37850/cendekia.v11i2.93.

Pendidikan, Konsep, Agama Islam, Dalam Keluarga, Naskah Publikasi, and S R I Lestari. “Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta 2014” 5, no. 1 (2014): 87–95.

Putra, Aris Try Andreas. “Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 6, no. 2 (2016): 191. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).191-201.

Rahman, Muhammad Irfandi, and Nida Shofiyah. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina Pada Pendidikan Masa Kini.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 2 (2019): 142–56. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20640.

Rasyid, Idris. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Dan Guru.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 18, no. 1 (2019): 779–90. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.368.

Riyanta, Japon. “Jurnal Aksioma Ad-Diniyah.” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah 7, no. 1 (2019): 1–28.

Santosa, Sedya, and Karim Abdillah. “Pemikiran Muhammad Athiya Al-Abrasyi Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Modern.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4, no. 2 (2021): 104–13. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.982.

Siregar, Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta, 2020.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Wibowo, & Risa Udayani. (2021). Relevansi Pemikiran Ibnu Sina Terhadap Pendidikan di Era Modern. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 199–214. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-07

Issue

Section

Articles