Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam: Kajian Teoritis Filosofis

Authors

  • Faiq Ilham Rosyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Usman UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-01

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Islam, Kajian Teoritis

Abstract

Kemampuan memahami konsep dasar kurikulum pendidikan Islam adalah prasyarat bagi guru sebelum ia memulai kegiatan pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk menelaah konsep dasar kurikulum pendidikan Islam melalui kajian teoritis filosofis. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka yang dilakukan melalui pengumpulan data literatur yang sesuai dengan fokus kajian. Data yang diperleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam merupakan sebuah  rancangan belajar yang disusun secara sistematis, integratif, komprehensif dan berpondasi pada nilai dan ajaran agama Islam. Karakteristik yang tercerminkan dari kurikulum tersebut mengutamakan tujuan Islam, berorientasi tauhidik, memenuhi kebutuhan peserta didik dalam berbagai aspek, menyediakan materi pengetahuan yang realistis, dan menghindarkan dari pemikiran peserta didik yang dikotomis. Dalam proses penyusunannya harus berprinsip pada tujuh prinsip pokok diantaranya: integral, universal, keseimbangan keterkaitan, fleksibilitas, individualisasi dan sinkronisasi. Selanjutnya, dalam perjalanannya kurikulum pendidikan Islam harus berorientasi pada pelestarian nilai, peserta didik, sosial demand, penciptaan tenaga kerja dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhaddad, Muhammad Roihan. “Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 1 (2018): 57–66. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.23.

Aminuddin, Luthfi Hadi. “Integrasi Ilmu Dan Agama: Studi Atas Paradigma Integratif-Interkonektif.” Kodifikasia 4, no. 1 (2010): 181–214.

Asifudin, Ahmad Janan. Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis). Yogyakarta: Suka Press, 2010.

Bainar, B. “Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Kurikulum.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial … 16, no. 2 (2019): 271–93. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/25.

Halstead, J. Mark. “An Islamic Concept of Education.” Comparative Education 40, no. 4 (2004): 517–29. https://doi.org/10.1080/0305006042000284510.

Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, and Hendro Widodo. “Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2020): 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720.

Mansur, Rosichin. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultular (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan).” Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI Unisma 10, no. 2 (2016): 1–8. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/165/165.

Melati, Ema Rahma, and Yuli Utanto. “Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Memahami Kurikulum 2013.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 4, no. 1 (2016): 1–9. https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i1.14252.

Nasbi, Ibrahim. “Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 318–30. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Baru). Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Nurmadiah, Nurmadiah. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 2, no. 2 (2016). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93.

Sabda, Syaifuddin. Model Pengembangan Kurikulum Terintegrasi Saintek Dengan Imtaq,. Banjarmasin: Antasri Press, 2009.

Sidik, Firman. “Hakikat Kurikulum Dan Materi Dalam Pendidikan Islam.” Al Ilmi : Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020): 125–35.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Taufik, Ahmad. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman 17, no. 02 (2019): 81–102. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v17i02.106.

Yayuk, Erna, and Santi Prastiyowati. “Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013.” International Journal of Community Service Learning 3, no. 4 (2019): 222. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793.

Yunus, and Kosmajadi. Filsafat Pendidikan Islam. Majalengka: Unit Penerbitan Universitas Majalengka, 2015.

Downloads

Published

2021-10-14

How to Cite

Faiq Ilham Rosyadi, & Usman. (2021). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam: Kajian Teoritis Filosofis. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 125–137. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-01

Issue

Section

Articles