Reorientasi Kebijakan Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rizal Fathurrohman UIN Sunan Kalijaga
  • Wahid Tuftazani Rizqi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-09

Keywords:

Kebijakan, Pendidikan Islam, Pasca Pandemi

Abstract

Penelitian ini mengkaji reorientasi kebijakan pendidikan Islam pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggambarkan secara sistematik dan faktual mengenai kebijakan-kebijakan yang diterapkan pada pendidikan Islam di masa pandemi Covid-19. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berasal dari informasi pengelola pendidikan, guru, murid, dan masyarakat awam. Sedangkan data sekunder berasal dari kebijakan-kebijakan terkait sistem pembelajaran di masa pandemi. Terlepas dari dampak dan hikmah adanya pandemi ini, sejatinya pendidikan Islam perlu mereorientasi hakikat, peran, dan merespon tantangan di era pendemi dan juga teknologi. Bagi lembaga pendidikan Islam tidak ada pilihan lain selain beradaptasi dengan kebiasaan baru (new normal life) seperti memperhatikan kebersihan lingkungan belajar, melakukan pembelajaran berbasis media sosial, dan pembinaan karakter peserta didik, serta adaptasi-adaptasi baru lainnya. Dengan demikian, pendidikan Islam dapat menjaga preferensi bagi masyarakat Islam Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, Ismi, and Oki Mitra. “Permasalahan Pendidikan Islam Di Lembaga Pendidikan Madrasah.” Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21, no. 01 (2021): 32–45.

Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Azra, Azyumardi. From IAIN to UIN : Islamic Studies in Indonesian. Malaysia: Yayasan Ilmuwan, 2011.

———. “Pendidikan Islam Di Era Globalisasi: Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan: Volume 6 Nomor 4, 2008, n.d.

Daulay, Haidar Purta. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. (Jakarta: Prenada Media, 2007.

Direktur Jendral Pendidikan Islam. “Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah,” 2020.

Elihami, E. “Bibliometric Analysis of Islamic Education Learning Loss in the COVID-19 Pandemic.” Linguistics and Culture Review 5 (2021): 851–59. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1469.

Fuady, Syafrizal, Pendidikan Islam, and A Pendahuluan. “BERBAGAI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PRA-KEMERDEKAAN , ORDE LAMA , ORDE BARU ( SKB 3 MENTERI ), ERA REFORMASI DAN KECENDERUNGAN MASING-MASING ZAMAN.” Tarbiyatul Misbah, n.d., 16–46.

Hanafi, Y. “The New Identity of Indonesian Islamic Boarding Schools in the ‘New Normal’: The Education Leadership Response to COVID-19.” Heliyon 7, no. 3 (2021). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06549.

Harris, Alma, and Michelle Jones. “COVID 19 – School Leadership in Disruptive Times.” School Leadership & Management, 2020. https://doi.org/10.1080/13632434.2020.1811479.

Hilmy, Masdar. “Nomenklatur Baru Pendidikan Islam Di Era Industrialisasi.” Tsaqafah 8, no. 1 (2012): 1. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v8i1.14.

Maghfuri, Amin. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Pada Awal Era Reformasi (1998-2004).” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (2020): 14–26. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.614.

Novianti, Ely, Alda Rizkia Fatjhia, and Zalik Nuryana. “Analisis Kebijakan Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi: Peluang Dan Tantangan.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM 11, no. November (2020): 201–12.

Nurkamiden, Ulfa Dj. “KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA ERA PANDEMI COVID-19.” TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2021): 164–69.

Nuryana, Zalik, Niki Alma, and Febriana Fauzi. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction, 2020, 101848. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848.

Prasetia, Senata Adi, Muhammad Fahmi, Universitas, Agama Islam, and Sunan Ampel Surabaya. “Reorientasi, Peran Dan Tantangan Pendidikan Islam Di Tengah Pandemi.” Jurnal Tarbawi Stai Al Fithrah 9 (2001): 22–36.

Rozak, Abdul. “Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Alim: Journal of Islamic Educatioanm: Journal of Islamic Educatioan 3, no. 25 (2021): 197–208.

Saleh, Ahmad Muzawir. “Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2020): 24–24.

Sari, Windy Dian, and Akhmad Shunhaji. “Perkembangan Kebijakan Pembelajaran Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Alim: Journal of Islamic Educatioan 2, no. 2 (2020): 199–214.

Steenbrink, Karel. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. (Jakarta: : Lembaga Pendidikan, Penelitian dan Penerangan Ekonomi dan Soial, 1986.

Supriyatno, T. “A New Pedagogy and Online Learning System on Pandemic COVID 19 Era at Islamic Higher Education.” Proceedings - 2020 6th International Conference on Education and Technology, ICET 2020, 2020. https://doi.org/10.1109/ICET51153.2020.9276604.

Thohir, M. “From Disruption to Mobilization: Ire Teachers’ Perspectives on Independent Learning Policy.” Cakrawala Pendidikan 40, no. 2 (2021): 359–73. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39540.

Widad, Zuha El, and M Yunus Abu Bakar. “Wajah Baru Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Dan Analisis Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi.” Mappesona: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 1–12.

Winata, Koko Adya, Qiqi Yuliati Zaqiah, Supiana, and Helmawati. “Kebijakan Pendidikan Di Masa Pandemi” 4 (2021): 1–6.

Zuhri, Faisal. “A. Mukti Ali’s Thinking In Indonesian Islamic Education Policy.” Jurnal of Islamic Education And Pesantren 1, no. 1 (2021): 25–44.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Rizal Fathurrohman, & Wahid Tuftazani Rizqi. (2021). Reorientasi Kebijakan Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 227–239. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-09

Issue

Section

Articles