Pengaruh Manajemen Waktu dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Mahasiswa Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-02Keywords:
Manajemen Waktu, Efikasi Diri, Prokrastinasi, Penyusunan SkripsiAbstract
Penelitian bertujuan untuk ini adalah mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan efikasi diri dengan prokrastinasi penyusunan skripsi terhadap mahasiswa kecamatan kandis. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan pertimbangan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi sebanyak 46 orang dari 243 orang mahasiswa IPMAKA. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner (Angket) beserta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan melalui uji korelasi ganda diperoleh bahwa terdapat korelasi negatif antara manajemen waktu terhadap prokrastinasi sebesar -0,296 dan efikasi diri terhadap prokrastinasi sebesar -0,320. Serta hasil linear regresi yang menyatakan bahwa manajemen waktu dan efikasi diri jika secara bersama-sama tidak mempengaruhi prokrastinasi dengan nilai F sebesar 2,954 dan nilai signifikan 0,063. Penelitian ini membuktikan bahwa faktor dari kepribadian dapat sangat berperan penting dalam menghindari perilaku prokrastinasi. Sebab semakin baik manajemen waktu serta efikasi diri yang dimiliki maka akan semakin besar kemungkinan mahasiswa melakukan prokrastinasi.
Downloads
References
Alek, A H P. “Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi, Substansi Kajian Dan Penerapannya.” Jakarta: Penerbit Erlangga, 2016.
Andarini, Sekar Ratri. “Hubungan Antara Distress Dan Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi.” JURNAL TALENTA 2, no. 2 (2013): 159–79.
Atkinson, Philip E. “Manajemen Waktu Yang Efektif.” Jakarta: Binarupa Aksara, 1990.
Bandura, A. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company, 1997.
Bernard. Procrastinate Later: How to Motivate Yourself to Do It Now. Melbourne: Schwartz & Wilkinson, 1991.
Damri, Engkizar, and Fuady Anwar. “Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan.” Jurnal Edukasi, n.d., 74–95.
Ferrari, Joseph R, and William McCown. “Procrastination Tendencies among Obsessive‐compulsives and Their Relatives.” Journal of Clinical Psychology 50, no. 2 (1994): 162–67.
Gasim, G. “Hubungan Kemampuan Manajemen Waktu Dengan Kebiasaan Prokrastinasi Penulisan Skripsi Mahasiswa.” Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta, 2016.
Ghufron, M Nur, and S Rini Risnawita. “Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta.” Ar-Ruzz Media, 2010.
Hakim, Nina Rismawati, IGAA Sherlyna Prihandhani, and I Gede Wirajaya. “Hubungan Manajemen Waktu Dengan Kebiasaan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Mahasiswa Keprawatan Angkatan VIII Stikes Bina Usada Bali” 05, no. 1 (2017).
Jones & Barlet. Manajemen Stress. Jakarta: Buku Kedokteran, 2004.
Lubis, Indah Sari Liza. “Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Diversita 4, no. 2 (2018): 90–98.
Macan, Therese H, Comila Shahani, Robert L Dipboye, and Amanda P Phillips. “College Students’ Time Management: Correlations with Academic Performance and Stress.” Journal of Educational Psychology 82, no. 4 (1990): 760.
McCloskey. “Academic Procrastination.” Thesis. Faculty of the Graduate School of The University of Texas .Arlington, 2011.
Muyana, Siti. “Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8, no. 1 (2018): 45–52. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868.
Nuryadi, Achmad. “Self Control Dan Self Efficacy Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa.” Jurnal Adiraga 3, no. 2 (2017): 34–42.
Sagita, Dony Darma, Daharnis Daharnis, and Syahniar Syahniar. “Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa.” Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik) 1, no. 2 (2017): 43–52.
Surijah, Edwin Adrianta, and Sia Tjundjing. “Mahasiswa versus Tugas: Prokrastinasi Akademik Dan Conscientiousness.” Anima, Indonesian Psychological Journal 22, no. 4 (2007): 352–74.
You, Ji Won. “Examining the Effect of Academic Procrastination on Achievement Using LMS Data in E-Learning.” Journal of Educational Technology & Society 18, no. 3 (2015): 64–74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.