Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di Era Society 5.0

Authors

  • Taufik Hidayat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Wahyuni Pohan UIN Sumatera Utara
  • Fadhli Ihsan Arbas Hasibuan STIT Batubara

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-05

Keywords:

Pendidikan Islam, Karakter, Masyarakat 5.0

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah sebagai bentuk peduli terhadap generasi bangsa dalam pembentukan karakter yang tangguh dan islami yang kenal dan cinta kepada Tuhannya dan juga orang tua serta para gurunya. Yang demikian pendidikan karakter ini meliputi tentang fenomena yang saat ini berubah secara drastis menjadi era society 5.0 ini dengan masuknya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Sehingga yang ditakutkan nanti akan mempengaruhi negatif pada siswa maka dilakukan penelitian ini sebagai bentuk informasi yang demikian kepada setiap guru dalam memberikan tindakan serta pengajaran anak didik di era global. Artikel ini menggunakan metode penelitian analisis data dalam kajian pustaka (library research), adalah analisis isi (content analysis) bersifat pembahasan secara mendalam. Dengan mengumpulkan data sesuai dengan penelitian ini.  Hasil Penelitian ini adalah sebagai pendidik hendaklah menjadi contoh di awal dalam memberikan pendidikan karakter dan juga harus memberikan kepada peserta didik tentang pengenalan syari'at Islam dalam kehidupannya. Dan juga guru mengajarkan kepada setiap anak untuk berpikir secara kritis dan pandai dalam menghadapi tantang di era society 5.0.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Aida Noer, Euis Nurjanah, and Muhammad Ridwan Effendi. “Strategi Dan Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Integrasi Pendidikan Di SDS Inklusi Azaddy Jatinangor.” E-Jurnal.Staimuttaqien.Ac.Id 2, no. 1 (2021): 32–45. https://doi.org/10.52593/pdg.02.1.04.

Andreja Rojko. Industry 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics e.V. Nuremberg, Germany, 2017.

Anwar, Syaiful, and Agus Salim. “Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Milenial.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 233–47. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628.

Arifin M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta Bumi Aksara, 2019.

Basri, S. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa Di Era Globalisasi.” Jurnal An-Nur, 5(2), 2016.

Choli, Ifham. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (November 6, 2019): 35–52. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511.

Darajat, Z. Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang., 1982.

Etep Rohana. “Character Education Relation with Spiritual Intelligence in Islamic Education Perspective.” International Journal of Nusantara Islam Vol. 06 No. 02 (2018).

Harmadi, Mariani. “Strategi Kurikulum Tersembunyi Bagi Pendidikan Karakter Generasi Milenial Dalam Society 5.0,” 2019.

Hasyim, M. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Umar Baradja Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Nasional.” Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 2015.

Husaini, A. Pendidikan Islam Membangun Manusaia Berkarakter Dan Beradab. Husaini, A., 2010.

Jakaria Umro. “TANTANGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0.” 2020 Jurnal Al-Makrifat Vol 5, No 1, (n.d.).

Jalaluddin. Pendidikan Islam, Pendekatan Sistem Dan Proses. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

“Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahannya.” Jakarta: TIM Kemenag, 2021.

Megawangi, Ratna. Semua Berawal Pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, 2017.

Ni Luh Putu Dwi Payani, Ni Komang Arie Suwastini, and I wayan Swandana. “He Identification of Character Education Values on the Main Character of Zootopia.” Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Uundiksha Vol 05 No 2 (2018).

Noha El Bassioury, Ahmad Taher, and Ehab Abdu-Aish. “An Empirical Asessment of the Relationship between Charakter/Etnics Education and Consumer Behavior at the Tweens Segment: The Case of Egypt.” Emerald Grup Publishing, 2011.

Ramadhani, Yunizar. “Ideologi Keagamaan, Partai Politik, Dan Pendidikan Islam: Refleksi Pemikiran Hasan Al-Banna Di Sekolah Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin.” NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam 5, no. 1 (2021): 78–92. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i1.2455.

Ramli, Mansyur. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman Di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum., 2011.

Rohman, Nur. “Penguatan Karakter Dan Literasi Baru Pada Sekolah Berbasis Boarding Menjawab Tantangan Era Society 5.0,” 2:247–50, 2019.

Saihu, Saihu. “Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlur Rahman.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 83–99. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76.

Sari, Herlini Puspika. “Rekonstruksionisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 19, no. 1 (August 7, 2020): 129–43. https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10076.

Somad, Momod Abdul. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021): 171–86. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.

Suwito. (. “Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih.” Yogyakarta: Belukar., 2004.

Syaiful Anwar1, and , Agus Salim. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA DI ERA MILENIAL Syaiful Anwar1 , Agus Salim.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 9, No. 2, (2018).

Syarkati , Rifa’i. “Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Karakter Era Society 5.0.” Universitas Muhammadiyah Bengkulu Vol. 1 No. 2 (2021).

Triana Rosalina Noor. “PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI SEBUAH SISTEM DI ERA 4.0.” 2019 Vol.2 No.2 (n.d.).

Zubaedi, Al Mawardi, Prima. Design Pendidikan Karakter. Jakarta , Kencana, 2011.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hidayat, T., Pohan, W. ., & Hasibuan, F. I. A. (2022). Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa di Era Society 5.0. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(2), 207–217. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-05

Issue

Section

Articles