Implementasi Manajemen Strategi Blue Ocean Di LPI PG-RA Al-Muttaqin Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-08Keywords:
Manajemen, Strategi, Blue Ocean, PG-RAAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya Lembaga Pendidikan yang bersaing demi mendapatkan konsumen atau siswa untuk bisa masuk ke lembaganya masing-masing sehingga dibutuhkan suatu strategi untuk bisa merekrut banyak siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran proses manajemen strategi yang terjadi di LPI PG-RA Al-Muttaqin Tasikmalaya dalam mengembangkan sekolah yang mengalami kenaikan peminat. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif ini akan menganalisis manajemen strategi dalam pengembangan Lembaga Pendidikan islam dengan perspektif Blue Ocean Strategy, yang mencakup tentang syarat perumusan dan fokusnya dalam perspektif BOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LPI PG-RA Al-Muttaqin telah memenuhi syarat Blue Ocean Strategy; yakni: fokus pada kurva lembaganya, divergensi (gerak menjauh dari persaingan), serta memilki slogan yang bagus (Sekolah Para Juara). LPI Al-Muttaqin telah melakukan tahapan perumusan strategy serta mengimplementasikan nya menurut perspektif Blue Ocean Strategy yakni telah melakukan prinsip Eliminate, reduce, raise dan prinsip create.
Downloads
References
Budiman, Sri, Suparjo. “Manajemen Strategik Pendidikan Islam.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5, no. 3 (2021):515-523.
Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 11 (2017): 59–72. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/ei/article/view/95.
Chrismardani, Yustina. “IMPLEMENTASI BLUE OCEAN STRATEGY DI INDONESIA Yustina Chrismardani.” Journal for Decision Makers 6, no. 7 (2019): 22.
Dr. Cuk Jaka Purwanggono, M.M. “Konsep Dasar Manajemen Strategi.” In Manajemen Pendidikan, 5. 1st ed. Bintang Pustaka Madani, 2021.
Eni. Waka Kurikulum PG-RA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Tasikmalaya, 2022.
Fauzi, Syahrul, and Nidaul Fajrin. “Peran Manajemen Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Dan Masyarakat.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2022): 15–30.
Fuad, Ikhwan. “Blue Ocean Strategy (BOS) Sebagai Paradigma Baru Mannajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid” 5, no. 2 (2016): 263–278.
Jauch, Lawrence R, AR. Henry Sitanggang, Agus Dharma, and Herman Wibowo. Manajemen Strategis Dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga, 1994.
Kemenag. “EMIS - Departemen Kementrian Agama Republik Indonesia.”
Kholili, Ahmad Nurdin, and Syarief Fajaruddin. “Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Di Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8, no. 1 (2020): 53–69.
Kim, W. Chan., and Renee. Mauborgne. Blue Ocean Strategy (Strategi Samudera Biru) : Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing Dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan. Serambi, 2005.
Kim, W. Chan, and Renee Mauborgne. Blue Ocean Strategy. Edited by satria wahono. x. Jakarta: Harvard Business School Publishing, 2015.
Kim, W.C. and Mauborgne R. “Value Innovation: A Leap into the Blue Ocean.” Journal research of Business Strategy 26, no. 4 (2005): 22–28.
Kompri. Manajemen Pendidikan Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. 1st ed. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Michael Porter. Competitive Strategy. New York: The Free Press, 1985.
Mufid, Nur Kholis. “Pengembangan Madrasah Perspektif Blue Ocean.” Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 2 (2020): 270–283.
Muzha, kushardianti. vianda. “Manajemen Strategi Pengembangan Pariwisata Dengan Pendejatan Blue Ocean Strategy.” Jurnal Ilmu Sosial dan Politik 4, no. 1 (2015): 43–52.
Pratiwi Bernadeta dkk. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Edited by Ronal. 1st ed. Deli Serdang: Yayasan Kita Menulis, 2020.
Priilaid, David, Roy Ballantyne, and Jan Packer. “A ‘Blue Ocean’ Strategy for Developing Visitor Wine Experiences: Unlocking Value in the Cape Region Tourism Market.” Journal of Hospitality and Tourism Management 43 (June 1, 2020): 91–99.
Rakhmanita, Ani; “Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Sarana Terhadap Proses Keputusan Memilih Sekolah Pada Sekolah Alam Tangerang.” Widya Cipta 7, no. 2 (2015): 114–123.
Sodikin, Ahmad, Ikhwan Hamdani, and Gunawan Ikhtiono. “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Terhadap Minat Siswa Bersekolah Di Mts Al Asiyah.” Judika (Jurnal Pendidikan Unsika) 2, no. November (2018): 6–16.
Sri. Kepala Sekolah PG-RA Al-Muttaqin Tasikmalaya. Wawancara. Tasikmalaya, 2022.
Supriatman, Maman. “Model Manajemen Strategis Untuk Pengembangan Daya Saing Fitk Dan Jurusan Mpi.” JIEM (Journal of Islamic Education Management) 2, no. 1 (2018): 11.
Taufiqurokhman. Manajemen Strategik. 1st ed. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, 2003.
Ulfah Irani Z, Murniati AR, Khairuddin. “Implementasi Manajemen Strategik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMAN 10 Fajar Harapan.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4, no. 2 (2014): 58–70.
W. Chan Kim, Renee Mauborgne. Blue Ocean Strategy Ter. Satrio Wahono. X. Jakarta: Serambi, 2009.
Zulfikar. “Penerapan Blue Ocean Strategy Adapted ( Bosa ) Dan Pendekatan Community Development Approach ( Cda ).” SAINTEKBU: Jurnal Sains dan Teknologi 6, no. 1 (2013): 11–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.