Strategi Elaborasi Kepemimpinan Karismatik dalam Pendidikan Islam terhadap Generasi Intelektual Indonesia Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-06Keywords:
Strategi Elaborasi, Kepemimpinan Karismatik, Pendidikan Islam, Generasi Intelektual MudaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya gaya kepemimpinan pendidikan Islam di era abad ke-21 bagi generasi intelektual muda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi elaborasi kepemimpinan karismatik bagi generasi intelektual muda emas guna mempersiapkan generasi yang siap untuk menjalankan lembaga pendidikan dengan segala tantangan di abad 21. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer berupa berupa artikel, buku, tesis, disertasi, dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan karismatik bagi generasi muda intelektual emas Indonesia dapat dijalankan dengan lima dimensi yaitu kepemimpinan berempati, kepercayaan diri, perilaku pengembangan citra diri, kepercayaan terhadap kompetensi bawahan, dan penciptaan peluang bagi pengikut untuk meraih kesuksesan. Implikasi dari penelitian adalah gaya kepemimpinan karimatik sebagai salah satu alternatif gaya kepemimpinan yang dapat diperankan oleh generasi intelektual muda dalam memimpin suatu lembaga agar menjadi lebih baik.
Downloads
References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80.
Afandi, Rahman. “Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam.” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 18, no. 1 (2013): 95–116.
Azharuddin. “Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” Jurnal Islam Hamzah Fansuri 3, no. 2 (2020): 158–68.
Dwapatesty, Eldasisca, Nurhizrah Gistituati, and Rusdinal Rusdinal. “Hubungan Gaya Kepemimpinan Karismatik Terhadap Motivasi Kerja Guru.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 3000–3006.
Eka Sastrika Ayu, Putu. “Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya 3, no. 1 (2019): 77–83.
Erfendi. “Kepemimpinan Kharismatik Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Di Sekolah.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 140–59. doi:10.46963/alliqo.v4i1.21.
Firdaus, Dede Ridho, Anis Zohriah, and Anis Fauzi. “Analisis Model Kepemimpinan Kharismatik Dan Visioner Di Pondok Pesantren” 05, no. 04 (2023): 15038–49.
Futaqi, Sauqi. “Manajemen Pengetahuan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2020.
Gunawan, Imam. “Evaluasi Program Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan, no. 1 (2011): 1–13.
H Hamruni. “Konsep Dasar Dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual.” Jurnal Pendidikan Agama Islam XII, no. No. 2 (2015): 177–87.
Haryanto, Istikomah Budi. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Skripsi, 2019.
Hasibuan, Abdul Aziz, Darwyan Syah, and Marzuki Marzuki. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 02 (2018): 191. doi:10.32678/tarbawi.v4i02.1230.
Ihza, Yusril, and Farida Nurani. “Kepemimpinan Kharismatik Pada Generasi Muda Dalam Mewujudkan Indonesia Emas Pada Tahun 2045,” 2019, 1–7.
Kolzow, D. R. Leading from within: Building Organizational Leadership Capacity. International Economic Development Council, 2015.
Kurniawan, Hendra. “Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam: Mengkritik Gaya Kepemimpinan Klasik Di Era Informasi.” Proceedings Icis 2021 1, no. 1 (2022): 200–207.
Langeningtias, Utari, Nydya Ulfa, and Ana Novitasari. “Kepemimpinan Pendidikan Menurut Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam (Japendi) 2, no. 8 (2021): 1453–64.
Maktumah, Luluk, and Minhaji Minhaji. “Prophetic Leadership Dan Implementasinya Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (2020): 133–48.
Murti, Siti. dan heryanto. “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP 6, no. 3 (2020): 295–307. doi:10.5281/zenodo.3737983.
Mutia Indriyani, Nurul Hidayatul Laili, Dien Rahmadina Putri. “Gaya Kepemimpinan Karismatik Pustakawan Di Era Disruptif,” 2018, 68–75.
Prayogi, Rayinda Dwi, and Rio Estetika. “Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 14, no. 2 (2019): 148.
Qori, Hurin In Lia Amalia. “Kepemimpinan Karismatik Versus Kepemimpinan Transformasional.” Analisa 1, no. 2 (2017): 70–77.
Rahmat Hidayat. “Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Di Kota Medan.” Jurnal Islamic Education Manajemen 1, no. 1 (2016): 13–29.
Sangidah. “Kepemimpinan Karismatik Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Guru Di MI Ma’arif NU Kramat Purbalingga,” 2021.
Saragih, A Hasan. “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar.” Jurnal Tabularasa 5, no. 1 (2008): 23–34.
Supriani, Yuli, Rahman Tanjung, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin. “Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2022): 332–38.
Susilo, Eko. “Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP) 5, no. 1 (2016).
Syafar, Djunawir. “Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017): 147–55.
Zuhri, Saefudin, Adi Saputra, Hani Tria, and Dahlan Anwar. “Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2021): 126–37. doi:10.32699/paramurobi.v4i2.2167.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.