Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di SDN 4 Bendungan Wates Kulon Progo

Authors

  • Riqotul Fuadah Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Maratus Soleha Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Muhammad Zulfikar Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Aida Hayani UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-01

Keywords:

Learning Problem, Covid-19, Islamic Education

Abstract

Pada saat ini seluruh negara dilanda pandemi Covid-19, hal ini juga telah mengubah kebiasaan masyarakat sehingga dengan adanya pandemi mempengaruhi dunia pendidikan, tidak terkecuali dengan pembelajan PAI. Pembelajaran PAI mempunyai peran yang penting untuk para siswa saat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karena pada hakikatnya bahwa PAI merupakan pelajaran yang mengajarkan tentang keimanan, pemahaman, penghayatan, dan juga pengalaman para siswa tentang agama islam. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran PAI pada saat pandemi Covid-19, kondisi pembelajaran PAI pada saat pandemi Covid-19, dan juga problematika pembelajaran PAI pada saat pandemi Covid-19 di SDN 4 Bendungan. Dari hal tersebut, terdapat beberapa implikasi diantaranya adalah dampak BDR terhadap sekolah, pengajar, murid, dan wali murid. Sehingga terdapat beberapa narasumber yang mewakilkan sekolah, pengajar, murid, dan wali murid di SD Negeri 4 Bendungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah). Data dikumpulkan menggunakan wawancara yang bersifat terbuka. Wawancara pada wali murid melalui aplikasi WhatsApp terkait dengan kendala yang terlihat saat pembelajaran di masa pandemi. Sehingga dari pembahasan tersebut, kita dapat mengetahui problematika yang dialami oleh sekolah, pengajar, murid dan wali murid di SD Negeri 4 Bendungan Responden penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, wali murid dan dua orang siswa SD Negeri 4 Bendungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdilah, Ruly Imam, Ahmad Tafsir, and Ahmad Sukandar. “Analysis of Online Learning Difficulties in The Time of The Covid-19 Pandemic in Islamic Religious Education Subjects.” Edukasi: The Journal of Educational Research 1, no. 3 (2021).

Adfyan, Muhammad Mufarrizy, H Masykur Mansyur, and H Abdul H Kosim. “Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Konsep Pendidikan Agama Islam Menurut Pemikiran Azyumardi Azra” 6, no. 2 (2021): 222–39.

Argaheni, Niken Bayu. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.” PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya 8, no. 2 (2020): 99–108.

Bersama, Keputusan, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, and Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” 2021.

Faizuz Sa’bani. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan Pada MTs Muhammadiyah Wonosari” 2 (2017).

Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Edited by Candra Wijaya. Cetakan Pe. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.

Hidayatuladkia, Shella Tasya, Mohammad Kanzunnudin, and Sekar Dwi Ardianti. “Peran Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 Tahun.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 3 (October 19, 2021): 363. doi:10.23887/JPPP.V5I3.38996.

Lin Aprilia, Sutaryadi, and Tutik Susilowati. “Penanganan Perbedaan Individual Dalam Proses Pembelajaran Stenografi.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 1–12.

Lubis, Reza Noprial. “Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDIT Syarif Ar-Rasyid Islamic School Medan Tahun Ajaran 2020-2021.” Al-Irsyad 12, no. 1 (2022): 86. doi:10.30829/al-irsyad.v12i1.11222.

Mubin, Muhammad Nurul. “Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Sederajat.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2021): 16–31. doi:https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-02.

Muhammad Nurul Mubin. “Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Sederajat.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2021): 16–31. doi:10.14421/hjie.2021.11-02.

Ningsih, Sulia. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7, no. 2 (2020): 124–32. doi:10.17977/um031v7i22020p124.

Prilli Prisiska, and Syahril Furqany. “Upaya Membangkitkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Tingkat Anak-Anak Pada Masa Covid-19 Di Gampong Jeulingke Dengan Penerapan Komunikasi Persuasif.” Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2021): 210–25. doi:10.22373/jrpm.v1i2.1084.

Putra, Ary Antony, and Ida Windi Wahyuni. “Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar” 18, no. 1 (2021): 79–89.

Putra, Mahendra. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19.” Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2022): 45–59.

Rachmawati, Tika Karlina. “Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Edutama 5, no. 1 (2018): 51. doi:10.30734/jpe.v5i1.130.

Rajab, Hadarah. “Pendidikan Akhlak Masa Pandemi.” Osfpreprints, 2021, 1–4.

Ramadhon, Ridho, and Imam Khoiriyadi. “Problematika Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Guru 1, no. 2 (2021): 157–66. doi:10.47783/jurpendigu.v2i2.230.

Saufi Al Hadisi, Ahmad, and Azizatun Nafisah. “Penggunaan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Online Di Kelas V MIN 9 Banjar.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2022): 1–15. doi:10.14421/hjie.2022.21-01.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.” Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 2015, 308.

Sukardjo, Moch., Uswatun Khasanah, Etin Solehatin, and Yayan Sudrajat. “Pelatihan Penyusunan RPP Dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia 3, no. 1 (2020): 15. doi:10.36722/jpm.v3i1.489.

Sukino, Arief Sukino, Oktariansyah Oktariansyah, and Erwin Erwin. “Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 1 Kendawangan Kabupaten Ketapang.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11, no. 2 (2020): 80. doi:10.21927/literasi.2020.11(2).80-95.

Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19),” 2020, 1–9.

Syafa’ati, Sri, and Hidayatul Muamanah. “Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Nasional.” Palapa 8, no. 2 (2020): 285–301. doi:10.36088/palapa.v8i2.859.

Trimono. “The Problems Of Islamic Religious Education Learning During The Covid-19 Pandemic In MA Darul Ulum Kijang Island Indragiri Hilir Riau Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 10 (2022): 126–37.

Umami, Risa, Marungkil Pasaribu, and Amran Rede. “Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, no. 2 (2012): 157–66.

Wahidmurni. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: RPP 1 Lembar,” 2020, 1–9.

Downloads

Published

2022-12-17

How to Cite

Riqotul Fuadah, Soleha, M. ., Zulfikar, M., & Hayani, A. (2022). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 di SDN 4 Bendungan Wates Kulon Progo. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(2), 157–166. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-01

Issue

Section

Articles