Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 di Madrasah Aliyah se- Kabupaten Musi Banyuasin

Authors

  • Erdiansyah MAN 1 Musi Banyuasin, Indonesia
  • Joharni MAN 1 Musi Banyuasin, Indonesia
  • Era kartikasari Ariani MTs Paradigma Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-10

Keywords:

Problematika, Pilot Project, Kurikulum merdeka

Abstract

Penelitian ini mengkaji tantangan penerapan kurikulum mandiri di madrasah Pilot Project di Madrasah Aliyah Kabupaten Musi Banyuasin dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis triangulasi. Kajian ini mengidentifikasi beberapa permasalahan umum di lapangan, antara lain kurangnya informasi bagi guru tentang penyiapan perangkat pembelajaran, tidak tersedianya buku ajar, dan belum adanya format rapor hasil belajar siswa. Selain itu, ditemukan kesenjangan penelitian tertentu, seperti perbedaan yang tidak jelas antara kurikulum mandiri dan kurikulum 2013, dan kurangnya pilihan kurikulum mandiri di Database Simpatik Kementerian Agama. Temuan utama menunjukkan bahwa dukungan dan sumber daya yang lebih baik untuk guru, bersama dengan perbedaan yang jelas antara kurikulum independen dan 2013, diperlukan untuk keberhasilan implementasi Temuan studi ini berimplikasi pada kebijakan dan pengembangan kurikulum ke depan, serta kebutuhan untuk menyelaraskan Basis Data Simpatik Kementerian Agama dengan kurikulum mandiri. Dengan menjawab tantangan-tantangan ini, studi ini berkontribusi pada penerapan kurikulum mandiri yang lebih efektif dan efisien di sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Kementerian. KMA 347 tahun 2022 (n.d.).

Anggraena, Yogi, Nisa Felicia, Dion Eprijum, Indah Pratiwi, Bakti Utama, Leli Alhapip, and Dewi Widiaswati. “Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran,” 2022.

Arisanti, Dewa Ayu Kade. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 02 (2022): 243–50. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386.

Chusna, Siti Ma’unatul. “Analisis Peraturan Menteri Agama (PERMENAG) RI No. 2 Tahun 2008 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Purwoasri Kediri,” August 2009.

Creswell, John W. Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. United States of America: Sage, 2014.

Dirjen Pendis Kemenag RI. SE Dirjen Pendis No. 3811 (2022).

Fauzan, M A, and Fatkhul Arifin. Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media, 2022.

Hamalik, Oemar. “Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum,” 2007.

Hattarina, Shofia, Nurul Saila, Adenita Faradilla, Dita Refani Putri, and RR. Ghina Ayu Putri. “Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan.” Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1 (2022): 181–92.

Huda, Nurul, Mohammad Hosnan, Abrori Dan, Zainal Arifin, A Washil, and Dan Firdausi. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat.” Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman 2, no. 2 (December 2020): 526–51.

Kebudayaan, Riset, and Riset Kebudayaan. “Buku Saku Tanya Jawab Merdeka Belajar.” Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, 2021.

Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu Rahayu, Implementasi, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, and Asep Herry Hernawan. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 2022): 6313–19. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3237.

Marsidin, Sufyarma. “Strengthening Pancasila Student Profiles in Independent Learning Curriculum in Elementary School.” International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS) 1, no. 6 (2022).

Nasir, Muhammad, Syeh Hawib Hamzah, and Muhammad Khairul Rijal. “Anatomical Analysis of Islamic Religious Education Curriculum at General Higher Education in Indonesia.” Ta’dib 24, no. 1 (2021): 53–69.

Nurhasanah, Nurhasanah. “Pelaksanaan Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak.” Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Pratikno, Yuni, Eric Hermawan, and Antoni Ludfi Arifin. “Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’from Design to Implementation in the School: What Worked and What Not in Indonesian Education.” Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2022): 326–43.

Purnawanto, Ahmad Teguh. “Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” JURNAL PEDAGOGY 15, no. 1 (April 2022): 75–94.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6313–19.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 7174–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Rofi, Munif, atur Rohmah, Zainal Arifin Eksistensi dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN, Surakarta Eksistensi dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN, Surakarta Munif Rofi, and Zainal Arifin Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. “Eksistensi Dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Madrasah 2, no. 2 (December 2017): 369–84. https://doi.org/10.14421/JPM.2017.22-11.

Sa’diyah, Maemunah, Immas Nurhayati, Endri Endri, Dedi Supriadi, and Yuggo Afrianto. “The Implementation of Independent Learning Independent Campus: The New Paradigm of Education in Indonesia,” 2022.

Sumarsih, I. (Ineu), T. (Teni) Marliyani, Y. (Yadi) Hadiyansah, A. H. (Asep) Hernawan, and P. (Prihantini) Prihantini. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (July 2022): 8248–58. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3216.

VAndang Heryahya, Endang Sri Budi Herawati, Ardi Dwi Susandi, Fanni Zulaiha. “ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA.” JOEAI(Journal of Education and Instruction) 5, no. December (2) (2022): 548–62. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826.

Wisnujati, Nugrahini Susantinah, Efbertias Sitorus, Martono Anggusti, Rahmi Ramadhani, Wiputra Cendana, Ismail Marzuki, Andriano Simarmata, et al. Merdeka Belajar Merdeka Mengajar. Sukoharjo: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Erdiansyah, Joharni, & Era kartikasari Ariani. (2022). Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 di Madrasah Aliyah se- Kabupaten Musi Banyuasin. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(2), 273–278. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-10

Issue

Section

Articles