Internalisasi Kesadaran Gender dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Holistik untuk Pengembangan Karakter

Main Article Content

Annisa Nur Afifah
Ade Syifani Nurmaidah
Fajriani Fajriani
Muhammad Azhar
Hajam Hajam

Abstract

Tujuan – Penelitian ini menganalisis internalisasi kesadaran gender dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pendekatan berbasis literatur. Kesadaran gender, sebagai kompetensi multidimensional yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dikembangkan melalui tiga jalur pendidikan: kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler menekankan pengintegrasian pengetahuan konseptual tentang kesetaraan gender dalam kurikulum, kegiatan kokurikuler mendukung pembelajaran berbasis pengalaman, dan kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang untuk penerapan nyata prinsip kesadaran gender.


Metode – Penelitian ini menggunakan studi literatur yang dilakukan dengan mengeskplorasi sumber-sumber tertulis seperti buku dan artikel-artikel ilmiah tentang topik gender. Selanjutnya secara eksploratif dianalisis untuk mendapatkan analisis kualitatif yang mendalam.


Hasil – Hasil penelitian menegaskan pentingnya peran guru sebagai fasilitator yang memiliki kompetensi gender untuk menciptakan pengalaman belajar yang seimbang dan inklusif. Upaya kolaboratif dengan komunitas lokal, lembaga pemberdayaan perempuan, dan instansi pemerintah turut memperkuat dampak dari inisiatif ini. Penelitian juga menyoroti pentingnya menyelaraskan program-program kesadaran gender dengan nilai-nilai budaya lokal, sambil tetap mengutamakan prinsip keadilan gender. Implikasi dari penelitian ini sangat signifikan, menunjukkan bahwa integrasi kesadaran gender dalam PAI mendukung pengembangan karakter siswa dan berkontribusi pada transformasi sosial yang lebih luas. Namun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan, termasuk ketergantungan pada data sekunder dan perlunya validasi empiris terhadap model yang diusulkan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan studi lapangan guna mengevaluasi implementasi program kesadaran gender dan mengembangkan model pelatihan guru yang lebih komprehensif untuk meningkatkan efektivitas program.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Afifah, A. N., Ade Syifani Nurmaidah, Fajriani, F., Muhammad Azhar, & Hajam, H. (2024). Internalisasi Kesadaran Gender dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan Holistik untuk Pengembangan Karakter. Indonesian Journal of Action Research, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.14421/ijar.2024.31-02
Section
Articles

References

A, A. O., Putri, A. I., Matthew, K., & Universitas, H. (2023). 23-Moderasi-0101-464 (1). 1–17. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx

Adfira, R. (2022). MIZAN Journal of Islamic Law Trend Poligami di Media Sosial Perspektif Kesetaraan Gender *. 6(3), 447–462. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/mizan/indexhttps://doi.org/10.32507/mizan.v6i3.1349

Anggita, R., & Sulistyorini, D. (2024). Bentuk Ketidakadilan Gender dalam Novel Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma. Journal of Literature and Education, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.69815/jle.v2i1.30

Apriliani, D., Tafa, D., & Munawwar, F. (2024). Islam dan Globalisasi dalam Kajian Tafsir Maudhu ’ i. Bulletin of Islamic Research, 2(2), 217–236.

Hakim, L. (2023). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam Perspektif M. Quraish Shihab. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.59001/pjier.v1i1.101

Hanif, M. F., Yefrizawati, H. M. H. T., & Azwar, T. K. D. (2022). Analisis Yuridis Mengenai Perubahan Gender Terhadap Kedudukan Transeksual Sebagai Ahli Waris Menurut Hukum Kewarisan Islam. Rechtsnormen Jurnal Komunikasi Dan Informasi Hukum, 1(2), 94–114. https://doi.org/10.56211/rechtsnormen.v1i2.151

Hasanah, A. F., & Hanifuddin, I. (2021). Keadilan Gender dalam Undang-Undang Tenaga Kerja di Indonesia. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 475–486. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.61

Hudat, M. A. N., Prasetio, D. E., & Suwandi, M. A. (2022). Penyadaran Kekerasan Seksual di Sekolah: Implementasi Moderasi Beragama dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalitidu, Bojonegoro. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(2), 79–91. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i2.27

Indriyani, V., Rachman, A., & Fathia, W. (2024). Representasi Gender dalam Buku Teks Tematik Terpadu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 722–733. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3312

Izzati, U. A., Bachri, B. S., Sahid, M., & Indriani, D. E. (2019). Character education: Gender differences in moral knowing, moral feeling, and moral action in elementary schools in Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 547–556. https://doi.org/10.17478/jegys.597765

Nurfai, A. (2022). Pendidikan Kesetaraan Gender Di Pondok Pesantren Sebagai Upaya Membangun Peradaban Bangsa. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 213–227. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.162

Pendidikan, J. (2024). Cendikia Cendikia. 2(3), 454–474.

Purwanti, A. (2020). Kekerasan Berbasis Gender.

Rika Widianita, D. (2023). Analisis Permintaan Uang Perspektif Islam Di Indonesia. Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Rohani, I., Imron, A., & Indriyani, D. (2022). Konsep Ajaran Islam Tentang Keadilan Gender. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 3(1), 99–125. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v3i1.171

Rustam, N., & Situmorang, J. (2020). Memahami Perbedaan Gender Dalam Perspektif Islam Dan Socio-Kultural. Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 14(2), 117.

Selvira, P. (2023). Kesetaraan Tokoh Laki-laki dan Perempuan pada Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam: Analisis Wacana Gender. Journal of Gender and Children Primacy …, 1(June), 40–49. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/JGCPS/article/view/56%0Ahttps://ejournal.aecindonesia.org/index.php/JGCPS/article/download/56/16

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Wahyudi, dkk. Internalisasi Nilai Kesetaraan Gender dalam Praktik Pendidikan Islam Responsif Gender, Jurnal Studi Gender dan Anak Vol.01 No. 02 Tahun 2019

Wahyudi, A., & Lutfauziah, A. (2023). Analisis Wacana Gender Pada Buku Tematik Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.30651/lf.v7i2.20049

Wijaksono, A., & Ichsan, A. S. (2022). Pendidikan Gender dalam Buku Perempuan, Islam, dan Negara Karya K.H. Husein Muhammad. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 14(2), 170–193. https://doi.org/10.37252/annur.v14i2.380