Pengembangan dan Efektivitas Media Pembelajaran SKI Berbasis Buku Lagu SEIRAMA di MTs Negeri 4 Bantul
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis buku lagu "SEIRAMA" di kelas IX MTs Negeri 4 Bantul.
Metode – Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model Richey and Klein yang menjadi tiga bagian yaitu Perancangan (planning) merupakan kegiatan membuat rencana produk yang akan dikembangkan. Perencanaan ini diawali dengan analisis kebutuhan dan studi literatur. Produksi adalah kegiatan pembuatan produk berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Evaluasi merupakan kegiatan menguji dan menilai kesesuaian produk dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas data, Uji One Way Anova, dan Uji Effect Size.
Hasil – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran SKI ini dilakukan pada materi tentang menariknya Islam Nusantara di kelas IX. Terdapat perbedaan yang signifikan pada uji one Way Anova diperoleh 0,002 atau kurang dari 0,05. Oleh karena itu, dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa harga Effect Size (ES) yang diperoleh adalah 0,784. Harga Effect Size yang diperoleh berarti kurang dari 0,8 dan lebih dari 0,2 (0,2 < ES < 0,8) dan tergolong sedang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa tingkat efektivitas media pembelajaran SKI berbasis buku lagu “SEIRAMA” yang dikembangkan adalah sedang. Hasil menunjukkan media yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran yang tak terbatas ruang dan waktu.
Downloads
Article Details
References
Adiningsih, R. W., Khoiri, A., & Aziz, N. (2024). Evektivitas Media Sort Card pada Pembelajaran SKI di Kelas XI Agama MA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 3(2), 104–111.
Ali, K. H., & Ilmudinulloh, R. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar dalam Pembelajaran SKI Siswa Kelas 5 in 1 Minahasa. JIEP: Journal of Islamic Education Policy, 9(2). https://doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3392
Andini, Hermawan, I., & Farida, N. A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI Di SMPIT Al-Ridwan. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 9(2), 115–132. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1591
Caniago, M. F., Rahmadhani, R., & Junaidi, J. (2024). Analisis Pembelajaran SKI Di MtsS Rao-Rao:Tantangan Integrasi, Inovasi Metode, Dan Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 411–418.
Darise, G. N., Agama, I., Negeri, I., Utara, S., Sh, I. J., Kawasan, S., Road, R., Manado, I. K., Sangihe, M. I. N. K., Utara, S., Ngalipaeng, D., Selatan, K. M., Sangihe, K. K., Sulawesi, P., Kawasan, S., Road, R., Manado, I. K., Kawasan, S., Road, R., & Manado, I. K. (2024). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping sebagai Solusi Mengatasi Kebosanan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) di Min 2 Kepulauan Sangihe NYIUR-Dimas : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 58–67. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i5.2674
Hidayah, W. N. (2022). Media Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Kesenian Tari Badui di Dusun Malangrejo Ngemplak Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 1–23.
Khairul Anwar, & Daulai, A. F. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Storyboard terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 1 Medan. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 947–957. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.336
Kumala, S., Arifa, T., Ansari, M., Jumiati, J., & Maulidah, Y. (2025). Pengembangan Media Non ICT Berbahan Eceng Gondok Pada Pembelajaran SKI di MI Jannatusshibyan Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Martapura. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 12(1). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i1.1511
Mahrita, M., Ningsih, E. D., Adilla, R., & Aziz, A. (2024). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Plotagon dan Quiz Berbasis Wordwall Pada Pembelajaran SKI Kelas VIII di MTs. Jurnal Sains Student Research, 2(5), 325–339. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i5.2674
Makhmudah, S. (2021). Pendidik Dalam Upaya Pembentukan Karakter Rabani Generasi Muda Melalui Penerapan Metode Lagu Islami. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.11918
Muhammad Samiuddin, L., Baeti Rohman, & Milad, S. (2025). Perbandingan Media Pembelajaran Media Cetak dan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Terhadap Daya Nalar Kritis Siswa di MTs Darur Roja Cinere Depok. SABILUNA: Journal of Islamic Studies, 1(1), 68–86.
Nasidah, E., Riski, M., Restia, N., & Azis, A. (2024). Pengembangan Media Quiz Interaktif Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran SKI Kelas XI di MA Darul Ulum Palangka Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 527–537.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rahmah, F., & Rosyidah, B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smartcard Khulafaur Rasyidin untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas V di SD IT Al - Furqon Garu Baron Nganjuk. Mentari: Journal of Islamic Primary School, 2(4), 256–271.
Sa’adah, N., Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 167–177. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.477
Saiful Anwar, & Jasiah Jasiah. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 355–373. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.913
Salirawati, D. (2018). Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2009). Kurikulum Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum KTSP. Kencana.
Saputri, S., Darfius, & Kamal, M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar SKI Siswa Kelas XI IPA MAS Asy Syarif Sidang Koto Laweh. ECCE: Jurnal Pendidikan Pastoral Kateketik, 2(1), 88–100. https://doi.org/10.59975/ecce.v2i1.15
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Syaifulloh, M., & Saepudin, A. (2025). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Alat dan Media Berbasis Digital. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(1), 290–310.
Tsabata, A. D., Meilina, D. M., Akmal, M. N., & Rif’iyati, D. (2024). Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Kotak Pintar” Sebagai Media Pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 45–56. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i1.2418
Zailani, Z., & Jumari, J. (2024). Penggunaan Media Google Earth Pada Pembelajaran SKI di SMP Islam Mbah Bolong. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 2(4), 751–759. https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.344