Pengelolaan Program Tahfidz Melalui Strategi Sutil Hama Jumur Tutor di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bantul
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Purpose – This study aims to describe the management of the tahfidz program in MTsN 2 Bantul using the Sutil Hama Jumur Tutor strategy
Design/methods – This research is field research with a qualitative approach. Data collection in this study used interview techniques, documentation, and observation. Data analysis is carried out using 3 stages: data collection, data reduction, and drawing conclusions.
Findings – The findings from this study are that with this strategy, at least the target of weekly memorization can be achieved by around 78.5% of students. As for the target of memorizing 1 juz for class IX, in the 2021/2022 academic year, it will reach 96.80%. The impact resulting from implementing this strategy is the creation of a higher tahfidz madrasah atmosphere due to the involvement of many parties in its implementation, namely teachers and staff other than tahfidz administrators and parents of students.
ABSTRAK
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program tahfidz di MTsN 2 Bantul dengan menggunakan strategi Sutil Hama Jumur Tutor.
Metode– Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan 3 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil – Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya strategi Sutil Hama Jumur Tutor target hafalan perpekan dapat dicapai oleh siswa sebesar 78,5%. Sedangkan untuk target hafalan 1 juz bagi kelas IX, pada tahun ajaran 2021/2022 ini mencapai 96,80%. Dampak yang dihasilkan dari pelaksanaan strategi ini adalah terciptanya atmosfer madrasah tahfidz yang lebih tinggi karena keterlibatan banyak pihak dalam implementasinya, yaitu para guru dan pegawai selain pengampu tahfidz, dan orang tua siswa.
Downloads
Article Details
References
Amalia, H. (2019). Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, 1(1), 132–147.
Astuti, D. A., Haryanti, S., & Prihartini, Y. (2018). Evaluasi Implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7–14.
Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan Tahfizh Al-Qur’an Di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. 2KORDINAT: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 325–348.
Ini, I. N., & Komariyah, L. (2021). Pengaruh Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Dan Revitalisasi Fungsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di Lima Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 84–93.
Na’ma, R. (2021). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an di MI Nurul Huda Karangkandri Cilacap. Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Nahrowi, N. (2017). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Madrasah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 53–64.
Nurhadi, M. (2015). Pembentukan Karakter Religius Melalui Tahfidzul Qur’an: Studi Kasus di MI Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Doctoral Dissertasion, UNiversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rosyad, A. M. (2016). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Form Paedagogik, 08(02).
Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87–96.
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/MP.V5I1.265