Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn di Kelas IV MI Negeri 1 Yogyakarta

Main Article Content

Erni Yuliati

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada peserta didik MI Negeri 1 Yogyakarta.


Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan, artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV-C MI Negeri 1 Yogyakarta, yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Untuk memperoleh data keaktifan dan hasil  belajar PPKn penelitian ini menggunakan lembar angket keaktifan dan hasil belajar peserta didik  dan tes evaluasi yang diberikan di setiap siklusnya.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata- rata 76,0 dengan persentase ketuntasan 67% pada siklus I menjadi rata-rata 90,7 dengan persentase ketuntasan 90% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuliati, E. . (2022). Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn di Kelas IV MI Negeri 1 Yogyakarta. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-02
Section
Articles
Author Biography

Erni Yuliati, 1Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta

 

 

References

Badriah, L., & Sholicha, R. A. (2016). Hubungan Kreativitas Guru dan Lingkungan Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III MIN Jejeran Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 34–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).24-33

Hasanah, N. (2021). Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mekatronika-A SMK Negeri 2 Kota Cimahi Semester Ganjil pada Materi Ketentuan Undang-Undang Dasar 1945. Jurnal Ilmiah STIKIP Siliwangi, 8(2), 152–157.

Juwita, R. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 123–134.

Manalu, E. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam Pebelajaran. Handayani, 2(1).

Musaropah, U., Mahali, M., & Delimanugari, D. (2020). Snowball Throwing Sebagai Model Pembelajaran Guna Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Madrasah. Jurnal Intersections, 5(2), 38–47.

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1). https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). PERAN GURU PENGGERAK DALAM PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2).

Syam, F., Pillang, A. R., Hamid, S., & Arsyad, S. N. (2020). Peningkatan Hasil belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SD Inpres Nipa-Nipa Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 63–73.

Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Wardhiana, I. K. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pkn Kelas V Sd Negeri 1 Bungbungan. MIMBAR PGSD Undikshaha, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887