Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 5 Melalui Metode Pembelajaran Mencongak di MIN I Yogyakarta

Main Article Content

Sumarsih Sumarsih

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dan hasil belajar matematika dengan metode pembelajaran Mencongak.


Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B yang berjumlah 30 siswa. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data dianalisi dengan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase capaian belajar keseluruhan siswa. Untuk mengetahui terdapat peningkatan hasil belajar dalam penelitian ini yaitu didasarkan pada ketetapan KKM.


Hasil – Temuan dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran Mencongak terbukti dapat meningkatkan keaktifan, efektifitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dengan methode ini siswa yang mencapai nilai di atas KKM ada 24 siswa dengan persentase 80%, sedangkan siswa yang mencapai nilai di bawah KKM ada 6 anak dengan persentasi 20 %, peningkatan hasil belajar ini terlihat pada nilai rata-rata yang dicapainya, yaitu sebesar 86,2. Sebuah nilai yang melampoi KKM, sedangkan nila rata-rata yang telah dicapai sebelumnya sebesar 33,7 sebuah nilai yang masih di bawah KKM. Keterbatasan penelitian ini hanya dilakukan di MIN I Yogyakrta, kelas 5B dengan jumlah 30 siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sumarsih, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 5 Melalui Metode Pembelajaran Mencongak di MIN I Yogyakarta. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-03
Section
Articles

References

Hamzar, Sugiatno, & Suratman, D. (2013). Peningkatan Keterampilan Hitung Dasar Siswa Melalui Latihan Mencongak. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i9
Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan, 12(2), 152–172.
Karim, A. (2017). Pengaruh Metode Mencongak Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 151–158. https://doi.org/dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2472
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Ramlan, Sugiatno, & Hamdani. (2017). Mengatasi Hambatan Berhitung Mencongak Menggunakan Strategi Mental dalam Materi Operasi Bilangan Bulat. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i3
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Susanty, S. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117.