Penguatan Kompetensi Guru Melalui Peran Role Model di MTsN 10 Sleman

Main Article Content

Busyroni Majid

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Capaian Nilai Kinerja Guru Pemula (NKGP) oleh guru pembimbing, kepala madrasah dan pengawas pada 4 kompetensi guru CPNS yang berasal dari non-kependidikan di MTsN 10 Sleman sebesar 69,24 dengan predikat kurang. Predikat kurang menunjukkan ada masalah yang perlu diselesaiakan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh peran role model dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 10 Sleman.


Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu dengann menggunakan analisis statistik deskriptif.


Hasil – Temuan dari penelitian ini yaitu capaian Nilai Kinerja Guru Pemula (NKGP) adalah sebagai berikut, dari guru pembimbing untuk 4 kompetensi guru CPNS diperoleh hasil sebesar 83,93 dengan predikat baik, dari kepala madrasah sebesar 75,00 dengan predikat cukup dan dari pengawas madrasah sebesar 75,00 dengan predikat kurang. Rerata ketiga penilai diperoleh 77,98 dengan predikat cukup, dengan nilai acuan standar sebesar 75. Jumlah skor maksimal untuk 4 kompetensi adalah 56 dari 14 item. Persepsi terhadap nilai tersebut untuk 4 kompetensi dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Majid, B. . (2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Peran Role Model di MTsN 10 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-04
Section
Articles

References

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru dalam Menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru). JPMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Metode Focus Group Discussion Pada Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Di SDN Pondok 3. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–57.
Suryadi. (2022). Kesejahteraan Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56013/alashr.v1i1
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research And Tought Elementary School, 3(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Syadiah, E. A., & Handayani, S. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan. EDUFORTECH, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2