Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Tutor Sebaya Siswa Kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul

Main Article Content

Zainal Arifin

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui tutor sebaya  pada siswa Kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul tahun pelajaran 2022/2023. Titik berat masalah yang dihadapi dunia Pendidikan di Indonesia adalah masalah yang berkaitan erat dengan mutu atau kualitas pendidikan yang rendah. Dikatakan demikian karena capaian daya serap siswa terhadap materi pelajaran masih rendah. Permasalahan ini tentu harus ada pembenahan yang mampu memberi daya motivasi kepada siswa di kelas ke arah kemajuan.


Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah PTK yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Negeri 6 Gunungkidul yang berjumlah 32 siswa.


Hasil – Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dimulai sejak pra siklus sebesar 31% menjadi 81% pada siklus I dan akhirnya menjadi 94% pada siklus II, dengan demikian maka dengan melalui tutor sebaya mampu memberikan andil dalam kenaikan atau peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arifin, Z. . (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Tutor Sebaya Siswa Kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 37–44. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-06
Section
Articles

References

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (n.d.). http://kbbi.web
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru dalam Menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru). JPMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Metode Focus Group Discussion Pada Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Di SDN Pondok 3. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–57.
Suryadi. (2022). Kesejahteraan Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56013/alashr.v1i1
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research And Tought Elementary School, 3(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Syadiah, E. A., & Handayani, S. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan. EDUFORTECH, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2