Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Di Kelas IV B MI Negeri 1 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pada peserta didik MI Negeri 1 Yogyakarta.
Metode– Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk memperoleh data keaktifan dan hasil belajar IPA penelitian ini menggunakan lembar angket keaktifan dan hasil belajar peserta didik dan tes evaluasi yang diberikan disetiap siklusnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata 75 dengan persentase ketuntasan 67% pada siklus I menjadi rata-rata 88 dengan persentase ketuntasan 90% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Article Details
References
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru dalam Menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru). JPMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Metode Focus Group Discussion Pada Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Di SDN Pondok 3. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–57.
Suryadi. (2022). Kesejahteraan Guru Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56013/alashr.v1i1
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research And Tought Elementary School, 3(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Syadiah, E. A., & Handayani, S. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan. EDUFORTECH, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2