Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Inkuiri

Main Article Content

Fauzan Abadi

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode inkuiri pada siswa kelas VII A MTsN 6 Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022.


Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kajian yang dilakukan secara sistematis dan reflektif terhadap berbagai tindakan guru dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran maupun kualitas prestasi belajar. Proses pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) yang tercantum dalam RPP, maupun non tes yang berupa lembar observasi, dan dokumentasi.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIIA MTsN 6 Gunungkidul, pada mata pelajaran IPS menunjukkan bahwa sejak diawali dari pra-siklus kemudian pada saat siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan sekali. Ini dapat dilihat pada hasil skor nilai ulangan harian siswa pada saat pra-siklus, siklus I dan siklus II berikut ini : pada saat prasiklus siswa yang dapat mencapai nilai KKM 75 baru mencapai ada 22%  artinya baru ada 7 anak dari 30 siswa selanjutnya setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 58 % dan pada siklus II meningkat menjadi 93% artinya sejak pra-siklus  hingga siklus II meningkat pesat dari 22% menjadi 93% atau meningkat sebesar 71%. Dengan demikian maka penggunaan metode inkuiri mampu memberikan kontribusi kenaikan atau peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIA MTsN 6 Gunungkidul.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abadi, F. . (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Inkuiri. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-08
Section
Articles

References

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Sibuea, H. Y. P. (2017). PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA : PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN. Jurnal Kajian, 22(2).
Widiyastuti, W. (2014). Evaluasi Sistem Pembelajaran: Telaah Landasan Filosofis Evaluasi Pembelajaran Di Stain Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 237–252. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.774
Wulandari, W., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3).