Visualisasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Butir Soal Cerita Matematika di Kelas VI MI Negeri 1 Yogyakarta

Main Article Content

Tutik Mawarti

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pembelajaran dengan memvisualkan soal cerita ke bentuk gambar dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik MI Negari 1 Yogyakarta.


Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kajian yang dilakukan secara sistematis dan reflektif terhadap berbagai tindakan guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran maupun kualitas prestasi belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata- rata 80,1 dengan persentase ketuntasan 60% pada siklus I menjadi rata-rata 86,5 dengan persentase ketuntasan 87% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa menvisualkan soal ke bentuk gambar dapat meningkatkan pemahaman soal cerita Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mawarti, T. . (2022). Visualisasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Butir Soal Cerita Matematika di Kelas VI MI Negeri 1 Yogyakarta. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 57–61. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-09
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Reskiah, Najib, A., Fatimah, & Bahri, H. A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran ICARE dengan Penerapan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 2(1), 56–69.
Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen …, 11(2).
Santi, V. M., Notodiputro, K. A., Indahwati, I., & Sartono, B. (2022). Restricted Maximum Likelihood Estimation For Multivariate Linear Mixed Model In Analyzing Pisa Data For Indonesian Students. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 16(2), 607–614.
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474