Evaluasi Program SKS dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MAN 4 Bantul
Main Article Content
Abstract
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan program sistem kredit semester (SKS) di MAN 4 Bantul.
Metode – Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven. Dalam penelitian ini, kriteria evaluasi ditetapkan sebelum pengumpulan data, yang dikembangkan melalui kajian pustaka dan berdasarkan pada pedoman penyelenggaraan program SKS yang disusun oleh Tim Pengelola SKS MAN 4 Bantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman yang meliputi empat kegiatan utama, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil – Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sistem seleksi peserta program SKS dilakukan secara objektif dan transparan dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan oleh madrasah, (2) Pendanaan untuk program SKS bersumber dari dana BOS dan Komite (3) Fasilitas Layanan SKS masih belum ideal, perlu disiapkan sarana prasarana pembelajaran yang memadai untuk terselenggaranya program SKS, dan (4) Prestasi belajar siswa SKS baik di bidang akademik, keagamaan maupun bidang non akademik perlu ditingkatkan dalam rangka persiapan ke PTN/PTS.
Downloads
Article Details
References
Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/4667
Lubis, M. (2016). Peluang Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah (Mempersiapkan Madrasah Berwawasan Global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1063
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1). https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.
Sari, A. I., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1175
Suteja. (2016). Pendidikan Dan Pesantren. CV. Elsi Pro.
Suteja, & Affandi, A. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan. CV. Elsi Pro.
Tejaningsih, E., Mudofir, M., & Makruf, I. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 218–230. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9096