Peran Romansa El-Hakim sebagai Pelopor Moderasi Beragama di MAN 1 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran romansa El-Hakim sebagai pelopor moderasi bergama di MAN 1 Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendeketan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, observasi dan dokumetasi. Terakhir, analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data dengan triangulasi sebagai kroscek keabsahan data.
Hasil – Temuan lapangan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Rohis MAN 1 Yogyakarta atau disebut Romansa El-Hakim sebagai organisasi keagamaan berperan dalam mewujudkan karakter moderasi beragama, berupaya merancang berbagai program kerja dan kegiatan yang mampu mengenalkan serta memahamkan moderasi beragama kepada warga madrasah. Tidak hanya mewujudkan karakter tiap anggota Rohis MAN 1 Yogyakarta, namun juga menjadi agen-agen muslim yang baik dan teladan bagi warga madrasah. Itu menunjukkan bahwa Romansa El-Hakim menjadi al-Qudwah, mempelopori sekitarnya untuk bersikap moderat. Melalui organisasi ini terlahirkan generasi yang berkarakter dan mampu membawa kejayaan Negara Republik Indonesia.
Downloads
Article Details
References
Arjiarna, B. A., Hasan, Y., & Dhita, A. N. (2020). Perkembangan Pesantren di Indonesia. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(1), 52–61. https://doi.org/10.31540/SINDANG.V3I1.748
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Echols, J. M., & Shadily, H. (1996). Kamus Inggris – Indonesia (Cet. XXIII). Gramedia Pustaka Utama.
Munawwir, A. W. (2007). Kamus Al-Munawwir. Pustaka Progresif.
Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2616
Nur Adnan Saputra, M., Nurul Mubin, M., Minhajul Abrori, A., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109
Saleh, K. (2012). Implementasi Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Pendidikan. Wahana Akademika, 14(2), 57–74.
Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(3), 231–242. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.231
Sari, R. M. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suteja, Sholehuddin, M. S., & Hania, I. (2022). The Value of Social Care Character Education Through Zikir Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah. EDUKASIA ISLAMIKA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 78–91.
Syarifudin, A. (2020). Penerapan Media Google Class Room di Era Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran PAI. 2507(February), 1–9.