Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di MIN 1 Gunungkidul Kemenag Kab. Gunungkidul Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022

Main Article Content

Fuatul Hakim

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru menyusun RPP melalui supervisi akademik di MIN 1 Gunungkidul Kemenag Kab. Gunungkidul Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.


Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 6 guru kelas MIN 1 Gunungkidul semester I Tahun Pelajaran 20212/2022.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala madrasah mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis penelitian awal yang menunjukkan bahwa skor penyusunan RPP yang dibuat guru baru mencapai 70,1. Setelah dilakukan penelitian diperoleh peningkatan 79,7 atau terdapat kenaikan 9,7 pada siklus 1. Penelitian dilanjutkan pada siklus 2 dengan beberapa perbaikan, diantaranya supervisi individu lebih intensif dan rutin, satu minggu yang biasanya hanya satu kali ditingkatkan menjadi 2 kali. Berdasarkan hasil supervisi akademik pada siklus 2 ada peningkatan skor kompetensi guru dalam menyusun RPP yaitu 88, 2 atau 8,5 dari hasil penelitian pada siklus 1 yang baru mencapai 79,7.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hakim, F. . (2022). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di MIN 1 Gunungkidul Kemenag Kab. Gunungkidul Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 79–84. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-12
Section
Articles

References

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/KONTEKSTUAL.V2I01.246
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher (Issue September). Aura Publisher.
Mubaroq, S. (2018). Konsep Kurikulum Rekonstruksi Sosial Dalam Menghadapi Pembelajaran di Era Modern. Belajar Bahasa: Jurnal Iliah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 3(1), 93–102.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Yusuf Lidi. (2021). Merdeka Belajar dalam Praktik Pengajaran. Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.