Penerapan Metode Langsung Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman

Main Article Content

Hariyanto Hariyanto

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode langsung terhadap peningkatan maharah al-kalam siswa MAN 2 Sleman, Yogyakarta.


Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif. Data-data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa dianalisis menggunakan rumus statistik sederhana untuk mengetahui rata-ratanya.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan penerapan metode langsung atau direct method (thariqah mubasyirah). Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II, yaitu: pertemuan pertama siklus I 56,3, pertemuan kedua siklus I 65,5. Dan pertemuan pertama siklus II 77,5 dan pertemuan kedua siklus II 84,1. Dari hasil tersebut diperoleh prosentase kenaikan dari pertemuan I ke pertemuan II sebesar 16,3%, pertemuan II ke pertemuan III 18,3%, dan dari pertemuan III ke pertemuan IV sebesar 8,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hariyanto, H. (2022). Penerapan Metode Langsung Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 85–91. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-13
Section
Articles

References

Arif, M. (2019). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lisan: Jurnal Bahasa & Pengajarannya, 4(1), 44–56. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/605

Azhar Arsyad. (2010). Bahasa dan Metode Pengajarannya. Pustaka Belajar.

Batmang. (2013). Direct Method dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 6(2), 170–178.

Hamid, M. A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. UIN-Maliki Press.

Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.

Karel A. Steenbrink. (1986). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosia.

Khambali. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Qira ’ ah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 43–56. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2018.041-03

Nur, I. R., & Rini, F. S. (2017). Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo. Kahdimul Ummah: Journal of Social Dedication, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21111/ku.v1i1.1417

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.

Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).

Suteja. (2016). Pendidikan Dan Pesantren. CV. Elsi Pro.

Takdir. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 2(1), 40–58. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290