Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Iklan Siswa Kelas V-A MI Negeri 1 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning materi iklan media cetak siswa kelas V-A MI Negeri 1 Yogyakarta.
Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 1 Yogyakarta. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif.
Hasil – Dalam penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut, pada saat siklus I rata-rata hasil tes akhir evaluasi siswa adalah 77% dengan banyak siswa yang tuntas hanya 23 siswa dari 30 siswa, dan setelah dilakukannya tindakan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu 90% dengan jumlah siswa yang tuntas 27 dari 30 siswa. Dengan demikian hasil penelitian di MI Negeri 1 Yogyakarta telah tercapai dengan baik.
Downloads
Article Details
References
Ariswati, N. P. E., Murda, I. N., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(4). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.1310
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Dahniar. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 136–158.
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93–100. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446
Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen ….
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Masykur, R. (2019). Teori Dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher (Issue September). Aura Publisher.
Nasution, N. (1992). Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Universitas Terbuka.
Ramdhani, M. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Komputer di SMPN 6 Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1). https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.453
Ramlawati, R., Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.35580/sainsmat6164512017
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Subagja, R. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn pada Materi Pendidikan Antikorupsi. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 72–80.
Thamrin, A., & Francis, T. (2015). Manajemen Pemasaran. Rajawali Press.