Penerapan Model Discovery Learning dengan software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Suritno Suritno

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model  Discovery Learning dan sofware Geogebra  pada peserta didik kelas IX B MTsN 5 Sleman yang berjumlah 32 anak,  tahun pelajaran 2022/2023, untuk materi Trasformasi geometri.


Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan mengacu pada model John Elliot yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Instrumen yang digunakan terdiri dari tes formatif, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis diskriptif.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning dan sofware Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru dalam kategori baik dan peserta didik dalam  kategori cukup baik  pada siklus I dan aktivitas keduanya meningkat menjadi amat baik pada siklus II. Selain itu, hasil tes formatif pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 53,10% meningkat menjadi 84,30% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dikatakan berhasil sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suritno, S. (2022). Penerapan Model Discovery Learning dengan software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 99–105. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-15
Section
Articles

References

Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Dimasa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif Pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92–103. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bahy, M. B. A., Maturedy, F., Hidayanti, P. N. Y., & Sutrisno, N. (2021). Respon Wali Murid terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Virtual Tingkat Sekolah Dasar di Surabaya. Konasbara (Konferensi Nasional Bahasa Arab), 615–627. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/979
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2022). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. PROSPECTS, 51(4), 601–609. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6
Hania, I., Baroroh, R. U., Rahmatan, M., Alimudin, A., & Imawan, Y. (2022). Developmen Of CEFR-Based Qowa’id Learning Evaluation Tool With The Help of Wordwall Interactive Games to Identify Students’ Understanding. Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistics and Education, 8(1), 65–83. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v8i1.5601
Hania, I., Fauzi, M. S., Suteja, S., Pangestu, E. S., Faiqotussana, F., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.
Kurniawati, S. N. U., & Prastowo, A. A. (2021). Memahami Penerapan Model Kurikulum Darurat di Masa Pandemi Covid-19: Kasus Pembelajaran Matematika SD/MI di Indonesia. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(1), 21–34.
Mazidah, N., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK Al Qodiri Jember Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Posting Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 246. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12426
Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123. https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Rajawali Press.
Santi, V. M., Notodiputro, K. A., Indahwati, I., & Sartono, B. (2022). Restricted Maximum Likelihood Estimation For Multivariate Linear Mixed Model In Analyzing Pisa Data For Indonesian Students. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 16(2), 607–614.