Peningkatan Kemampuan Pengungkapan Pendapat Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Diskusi Kelompok di MTs Negeri 5 Sleman

Main Article Content

Rini Yuliani

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat siswa dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok di MTsN 5 Sleman.


Metode – Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) 2 siklus yang masing–masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapannya- yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tehnik layanan bimbingan kelompok yang mudah dan sederhana, agar siswa dapat aktif mengikuti layanan bimbingan kelompok yang diselenggarakan. Peneliti menggunakan tehnik diskusi kelompok, agar siswa yang mengikuti layanan bimbingan kelompok dapat berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun presentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 5 Sleman dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.


Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh capaian peningkatan kemampuan dalam mengungkapkan pendapat pada siswa  dari siklus I  pertemuan 1 ke siklus II pertemuan 2 sebesar 47,1% (31% menjadi 78,1%), terjadi peningkatan  signifikan pada kemampuan siswa mengungkapkan pendapat melalui tehnik diskusi kelompok dalam layanan bimbingan kelompok. Simpulannya adalah tehnik diskusi kelompok dalam layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif dalam peningkatan kemampuan pengungkapan  pendapat siswa.

Downloads

Article Details

How to Cite
Yuliani, R. . (2022). Peningkatan Kemampuan Pengungkapan Pendapat Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Diskusi Kelompok di MTs Negeri 5 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 107–112. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-16
Section
Articles

References

Herdiana, I. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media.
Mazdalifah. (2004). Komunikasi Intrapersonal Ditinjau Dari Sudut Pandang Psikologi Komunikasi. Jurnal Pemberdayaan Komunitas, 3(3), 123–127.
Munita, J., Supriyanto, A., & Antara, U. (2020). Pendekatan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Trumon Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1085–1097.
Pradana, C. R., & Ningsih, Y. (2014). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa MTsN Mojosari Mojokerto. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 43–60.
Riyadi, A. (2014). Zikir Dalam Al-Qur’an Sebagai Terapi Psikoneurotik (Analisis Terhadap Fungsi Bimbingan Dan Konseling Islam). Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 53–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21043/kr.v4i1.1070
Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. Prisma, 9(1), 65. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886
Sholihah, M., Maarif, M. A., & Romadhan, M. S. (2021). Konseling Islam Dengan Dzikir Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah: Mengatasi Kegelisahan Jiwa Dan Bathin. Al-Afkar, Journal For Islamic …, 4(2), 299–317. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/143
Syadiah, E. A., & Handayani, S. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan. EDUFORTECH, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2
Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Raja Grafindo.
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KREATIVITAS KERJA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 7(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.957
Wati, I. A. (2020). Bimbingan Spiritual Berbasis Terapi Lingkungan Terhadap Korban Napza Di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(2), 180–195. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.162-06