Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Hots Melalui Workshop di MIN 2 Sleman

Main Article Content

Tri Wahyuni

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun intrumen penilaian berbasis HOTS melalui workshop di MIN 2 Sleman.


Metode – Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan (Action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, peaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengann menggunakan analisis statistik deskriptif.


Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal kemampuan guru dalam menyusun instrument penilaian kurang baik, dengan skor rata-rata 68 dan masuk dalam kualifikasi cukup. Siklus pertama menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 74 dan menunjukkan kualifikasi cukup. Siklus kedua menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 84 dengan kualifikasi baik. Dapat disimpulkaan berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian di MIN 2 Sleman. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) bagi guru yang mendapatkan kesulitan dalam penyusunan instrumen penilaian dapat melaksanakan diskusi dan praktik intensif berbasis KKG perjenjang. (2) Agar hasil penyusunan lebih maksimal, pelatihan penyusunan secara intensif dan berkelanjutan perlu dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, T. . (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Berbasis Hots Melalui Workshop di MIN 2 Sleman. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 121–127. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-17
Section
Articles

References

Amalia, H. (2019). Manajemen Pengembangan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI. Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, 1(1), 132–147.
Ch, H. (2020). Hots (Higher Order Thinking Skills) Through SPPKB (Learning Strategy for Improving Thinking Ability) in Learning “Qiroah” Reading Skills Based on Contextual Learning As Implementation of 21st Century Learning in Higher Education. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 2(1), 28–48. https://doi.org/doi.org/10.21009/ISLLAE.02103
Hania, I., Baroroh, R. U., Rahmatan, M., Alimudin, A., & Imawan, Y. (2022). Developmen Of CEFR-Based Qowa’id Learning Evaluation Tool With The Help of Wordwall Interactive Games to Identify Students’ Understanding. Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistics and Education, 8(1), 65–83. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v8i1.5601
Indriana, D. (2018). Evaluasi Pembelajaran dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah, 10(2), 34–52. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i02.1245
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Luly, J. (2020). Penilaian Kreativitas Anak melalui Metode Bermain. JAMBURA: Early Childhood Education Journal, 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.154
Maolana, A. D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 953–969.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Raja Grafindo.
Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176.
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1). https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Yantoro, Y. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/MP.V5I1.265