A Literature Review On The Strengths And The Weaknesses Of Flipped Learning

Main Article Content

Ruslina Tri Astuti

Abstract

ABSTRAK


Tujuan – Tinjauan literatur ini bertujuan untuk menguji kekuatan dan kelemahan Flipped Learning. Tulisan ini mengulas isi dari beberapa artikel dan kajian tentang Flipped Learning yang diterbitkan antara tahun 2016 hingga 2021. Gagasan mendapatkan ulasan ini adalah bahwa Flipped Learning telah mendapat perhatian besar di dunia pendidikan, khususnya di Indonesia karena berfokus pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. pembelajaran dan sejalan dengan dua kurikulum terbaru bernama Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.


Metode – Penelitian ini merupakan kajian literatur. Studi ini telah dilakukan sebagai kajian literatur sistematis berdasarkan pedoman asli seperti yang diusulkan oleh Kitchenham. Dalam hal ini tujuan dari review adalah untuk mengkaji kajian pustaka secara sistematik (yang disebut sebagai kajian sekunder), sehingga kajian ini dikategorikan sebagai kajian pustaka tersier.


Hasil – Temuan dari ulasan ini menunjukkan bahwa Flipped Learning menggunakan teori pembelajaran konstruktivisme berdasarkan pembelajaran praktik langsung. Ini menjadi salah satu kekuatan dalam Flipped Learning. Dalam mengejar siswa yang mandiri dan aktif, Flipped Learning berjalan sangat baik karena membalikkan kelas tradisional. Flipped Learning cocok untuk pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa. Namun, beberapa temuan dari review ini juga menunjukkan bahwa Flipped Learning juga menurunkan motivasi siswa dalam jangka waktu tertentu dan menjadi salah satu kelemahan dari Flipped Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, R. T. (2022). A Literature Review On The Strengths And The Weaknesses Of Flipped Learning. Indonesian Journal of Action Research, 1(1), 113–119. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.11-18
Section
Articles

References

Abdelshaheed, B. S. M. (2017). Using Flipped Learning Model in Teaching English Language Among Female English Majors in Majmaah University. English Language Teaching, 10 (11), 96-110.
Afrilyasanti, R., Cahyono, B., & Astuti, U. P. (2017). Indonesian Students’ Perception on the Implementation of Flipped Classroom Model. Journal of Language Teaching 9 (10), 60-80.
Al-Harbi, S. S., & Alshumaeri, Y. A. (2016). The Flipped Classroom Impact in Grammar Class on EFL Saudi Secondary School Students’ Performances and Attitudes. English Language Teaching 9(10). 60-80. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN= EJ1113506&site=eds-live
Arslan, A. (2020). A Systematic Review on Flipped Learning in Teaching English as a Foreign or Second Language. Journal of Language and Linguistic Studies, 16(2) 775-797.
Basal, A. (2012). The Use of Flipped Classroom in Foreign Language Teaching. Proceeding The 3rd Black Sea ELT Conference Technology: A Bridge to Language Learning, 15(17), 8-13.
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. Eugene, OR: International Society for Technology in Education.
Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Approaches to Successful Literature Review. New York: Sage.
Chingakham, D. (2020). A Flipped Learning Pedagogy: Strengths & Weaknesess. Proceeding of RSU International Research Conference, 1046-1055.
Choe, E., & Seong, M. (2016). A Case Study of Flipped Classroom in Korean University General English Course. Journal of Pan-Pacific Association of Applied Linguistics, 20(2), 71-93. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=125345049&site=eds-live
Demirel, E. E. (2106). Basic and Keys Principles of Flipped Learning: Classes Upside Down. International Journal of Languages, Literature, and Linguistics, 2(3), 109-112.
Farrah, M. & Qawasmy, A. (2018). English Students’ Attitude Towards Using Flipped Classrooms in Language Learning at Hebron University. Research in English Language Pedagogy, 6(2). 275-294.
Galvez, H. (2017). Flipped Instruction for Language Learning. Flipped Instruction Technologies in the Language Learning Classroom, 91-107.
Gash, S. (2000). Effective Literature Searching for Research. Britain: Gower.
Gasmi, A. A., & Ahmed, A. (2016). An Exploratory Study of Students’ Lives Experiences in a Blended-Flipped Writing Class. Arab Words English Journal, 4(8), 27. Retrieved from Social Science Research Network website: https://papers.ssrn.com/abstract=2822993
Grayson, L., & Gommersall, A. (2003). A Difficult Business: Finding the Evidence for Social Science Reviews. London: ESRC UK Centre
Hamdan, N., et al. (2013). A Review of Flipped Learning.
Halili, S. H., & Zainuddin, Z. (2015). Flipping the Classroom: What We Know and What We Don’t. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(1), 28-35.
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Sibuea, H. Y. P. (2017). PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA : PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN. Jurnal Kajian, 22(2).
Widiyastuti, W. (2014). Evaluasi Sistem Pembelajaran: Telaah Landasan Filosofis Evaluasi Pembelajaran Di Stain Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 237–252. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.774
Wulandari, W., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan yang Membebaskan Paulo Freire. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3)