Efektivitas Pendekatan Proses dengan Teknik Deskripsi, Interpetasi, dan Evaluasi (DIE) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis yang menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE dan yang tanpa menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE.
Metode – Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SD Negeri di wilayah Tirtonirmolo, sebanyak empat SD Penentuan sampelnya dilakukan simple random sampling, sehingga diperoleh SD Padokan II Tirtonirmolo kemudian penentuan kelas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara random dan diperoleh kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji persyaratan analisis data yang berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t dan uji Tuckey's.
Hasil – Skor rerata pre-test kelompok eksperimen adalah 66,41 dan skor rerata pre- test untuk kelompok kontrol adalah 66,31. Skor rerata post-test kelompok eksperimen adalah 83,66 dan skor rerata post-test kelompok kontrol adalah 77,35 Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil uji t, skor pre-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak ditemukan perbedaan skor yang signifikan, sedangkan hasil uji t antarkelompok skor post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan ditemukan perbedaan, dibuktikan nilai t t lebih besar dari t h (db=53) yaitu t h=7,120 dan t t=2,007. Dengan demikian, ada perbedaan antara pembelajaran menulis eksperimen lebih besar dari skor rerata kelompok kontrol. Kemudian diperoleh nilai HSD test skor post-test sebesar 0, 1199. Dengan uji Tuckey's dimana selisih skor mean kelompok eksperimen dan kelompok kontrol lebih besar daripada nilai HSD test sebesar 6,309 > 0,1199, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE efektif dibandingkan pembelajaran menulis dengan tanpa menggunakan pendekatan proses dengan teknik DIE.
Downloads
Article Details
References
Apriliyani, R., & Gazali, E. (2019). Pengaruh Penggunan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Minat Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab. El-Ibtikar, 8(2), 104–122.
Apsari, Y. (2018). Reflective Reading Journal in Teaching Writing. Indonesian EFL Journal, 4(2), 39. https://doi.org/10.25134/ieflj.v4i2.1374
Dahniar. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8), 136–158.
Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1). https://doi.org/10.18196/mht.113
Ibrahim, & Syaodih, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. PT. Asdi Mahastya.
Mamiani, N. M. M., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2014). Penerapan Teknik Deskripsi Interpretasi dan Evaluasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X AP2 SMK Pariwisata Triatma Jaya Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, 2(1).
Ngafifi, M. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/JPPFA.V2I1.2616
Nurkholis, N. (1970). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Santi Oktarina, P. (2019). Literacy Development Dengan Metode Fonik Bagi Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.707
Sudaryanto, & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik, 3(2).
Yusuf Lidi. (2021). Merdeka Belajar dalam Praktik Pengajaran. Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.